Sampah Sumbat Aliran Sungai, Tujuh Rumah di Citamiang Terendam Banjir

Sampah Sumbat Aliran Sungai, Tujuh Rumah di Citamiang Terendam Banjir

radartasik.com, BANYURESMI — Daerah Aliran Sungai (DAS) Cibuyutan tersumbat sampah. Air pun meluber dan merendam sebanyak tujuh rumah di Kampung Citamiang Desa Sukalaksana Kecamatan Banyuresmi Sabtu (20/11/2021).


“Korban jiwa tidak ada, hanya saja ada tujuh rumah warga yang terendam,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi kepada wartawan, Sabtu (20/11/2021).

Menurut dia, banjir di wilayahnya karena adanya sumbatan di sungai. Sehingga air tidak bisa tersalurkan dan meluber ke pemukiman warga. “Air yang merendam rumah ini tidak lama setelah warga bersama BPBD melakukan pembersihan sampah yang menyumbat sungai,” ujarnya.

Satria menerangkan untuk mempercepat pemulihan, pihaknya pun sudah melakukan pembersihan secara gotong-royong bersama masyarakat setempat. “Kami imbau masyarakat tetap dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan dan aktifkan kembali budaya gotong-royong,” terangnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana mengatakan dalam penanganan banjir di Desa Sukalaksana Kecamatan Banyuresmi, pihaknya melakukan koordinasi dengan berbagai unsur dalam penanganannya. “Alhamdulillah dengan gotong-royong dari berbagai pihak kita berhasil menangani banjir yang menggenangi tujuh rumah,” ujarnya.

Sekda menerangkan untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya sudah menginstruksikan dinas teknis untuk melakukan pengerukan material sampah yang menyumbat saluran air. “Kita sudah turunkan alat berat dari Dinas PUPR untuk menangani masalah ini. Mudah-mudahan tidak terjadi banjir lagi,” paparnya.

Nurdin mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada terhadap ancaman bencana di musim hujan. “Kewaspadaan dan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan harus dijaga saat musim hujan ini. Supaya bisa meminimalisir bencana yang terjadi,” terangnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: