Dermaga Pamayangsari, Kabupaten Tasikmalaya Over Kapasitas, Perlu Pelebaran dan Diperdalam

Dermaga Pamayangsari, Kabupaten Tasikmalaya Over Kapasitas, Perlu Pelebaran dan Diperdalam

Radartasik, TASIKMALAYA – Kapasitas Dermaga Pamayangsari di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya sudah over kapasitas.

Demikian kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi.

Menurut Dedi Mulyadi, Dermaga Pamayangsari sudah tidak muat digunakan sebagai tempat bersandarnya seluruh perahu nelayan.

Saat ini jumlah perahu nelayan di Tasikmalaya Selatan lebih dari 300 perahu, sedangkan kapasitas ideal hanya 200-250 perahu.

"Akibat over kapasitas itu ketika ada gelombang besar terjadi saling adu antar perahu yang menyebabkan kerusakan seperti yang terjadi beberapa hari lalu," kata dia kepada radartasik.disway.id, Selasa (17/5/2022).

Karena over kapasitas, sebagian perahu diangkat ke darat. Itu untuk menghindari terjadinya benturan antar perahu ketika adanya gelombang tinggi sampai 5 fit. 

"Gelombang tinggi kemarin juga beberapa perahu mengalami kerusakan pada katir dan lainnya, akibat saling beradu," katanya.

Dermaga Pamayangsari saat ini selain sudah sempit juga memerlukan pendalaman atau diperdalam karena sudah dangkal. 

Saat ini, kata dia, terkadang perahu nelayan bila ingin bersandar harus menunggu air pasang. 

"Termasuk dangkal juga ya dermaga ini," ungkap dia.

Dia sudah beberapa kali mengajukan untuk pelebaran dan pendalaman Dermaga Pamayangsari. Hanya belum ada realisasi, karena adanya refocusing masa pandemi. 

"Informasinya akan pembangunan pada tahun 2023 dan 2024 mendatang, mudah-mudahan saja itu bisa terealisasi. Karena sudah lama tidak ada pembangunan" ungkap tokoh nelayan ini. (ujang nandar / radartasi.disway.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: