Bolehkah Susu Kedaluwarsa Masih Tersegel Diminum? Simak Penjelasan Dokter

Bolehkah Susu Kedaluwarsa Masih Tersegel Diminum? Simak Penjelasan Dokter

Radartasik, ORANG banyak yang menyetok makanan  di kuklas, lemari atau kitchen set. Salah satu makanan itu adalah produk susu.

Mereka kadang lupa tanggal kedaluwarsanya. Bolehkah Anda tetap meminum susu yang sudah lewat kedaluwarsanya, meski segel belum dibuka?

BACA JUGA: Jamrud dan Govinda Hibur Puluhan Ribu Buruh Usai Unjuk Rasa di DPR

Pertanyaan yang satu ini jawabannya adalah tidaklah dianjurkan, sebagaimana disampaikan dr Amadeo Drian Basfiansa.

”Meski produk tersebut masih tersegel, kami tidak menyarankan untuk mengonsumsinya melalui tanggal kadaluwarsa yang telah tertera,” ujar dr Amadeo seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Terkait tanggal kedaluwarsa, lanjut dia, apabila kemasannya sudah terbuka, maka umurnya pun tidak akan tahan sebagaimana yang tertera pada tanggal kedaluwarsa produk.

BACA JUGA: Diduga Sakit Jantungnya Kambuh, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Dalam Toko yang Disatroninya

Karena itu, menyimpan susu atau makanan dalam kemasan dengan segel terbuka, apalagi dalam jangka waktu lama, bukanlah sesuatu yang bijak untuk dilakukan.

”Karena dengan dibukanya kemasan, produk akan terkontaminasi oleh udara luar, perubahan suhu, aroma pekat, bakteri dan berbagai faktor lain,” papar dr Amadeo.

Jadi, sambung dia, tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan hanya berlaku jika segel kemasan masih tertutup rapat.

BACA JUGA: Mengejutkan, Ternyata Setengah Juta Penduduk Korea Utara Terindikasi Covid-19, dan 21 Orang Meninggal

”Setelah produk tersebut dibuka, baik itu berupa makanan, minuman atau obat, waktu kadaluarsanya akan relatif lebih cepat ketimbang yang telah tertulis pada kemasan,” ungkapnya.

Hal ini, kat dia, bisa dilihat pada susu kemasan kotak. Pada kemasan terdapat keterangan tambahan, yang menganjurkan orang, untuk menghabiskan isi kemasan 3-4 hari, setelah segel dibuka.

Jadi, Anda yang baru saja kepikiran ingin menghabiskan susu kedaluwarsa yang Anda simpan itu, ada baiknya untuk tidak melakukannya, agar terhindar dari efek yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: