Pemasang Baru Sambungan Rumah Dapat Subsidi

Pemasang Baru Sambungan Rumah Dapat Subsidi

BERTEMU WARGA. Petugas dari Perumdam Tirta Anom menyosialisasikan pemasangan baru jaringan air bersih di Dusun Sampih Desa Rejasari Kecamatan Langensari, Jumat (13/5/2022). Foto: Istimewa--

Radartasik, BANJAR – Calon pelanggan air bersih Perumdam Tirta Anom Kota Banjar di Kecamatan Langensari bakal dapat subsidi gratis untuk pemasangan baru sambungan rumah (SR). Total, subsidi dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Kementerian PUTR ini berjumlah 500 pelanggan baru.

“Kebetulan untuk tahun ini biaya pemasangan baru akan dicover dari DAK, sehingga pelanggan tidak usah membayar biaya pasang baru,” kata Direktur Perumdam Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah melalui Kepala UP Langensari Arief, Jumat (13/5/2022).

BACA JUGA: Belum Beroperasi, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Setor Rp5,83 Triliun ke Penerimaan Negara Loh

Menurutnya, biaya pemasangan baru pelanggan dikenakan tarif Rp 1,2 juta. Saat ini, pihaknya terus melakukan pendataan bagi pelanggan baru.

Saat ini, data calon pemasang baru dari November 2021 sudah 148 di Bojongkantong dari target 300 SR. Dan ada tambahan lagi selama tiga hari sebanyak 115 SR. Sementara wilayah Langensari sudah 212 calon SR.

“Secara target insya Allah sudah terpenuhi, tinggal dilakukan survei oleh PUTR dan konsultan,” kata dia.

Dia mengatakan di wilayah Kecamatan Langensari sudah ada 951 pelanggam aktif air bersih yang disuplai dari intake Bantardawa. Intake Bantardawa sendiri dioperasikan mulai tahun 2010.

“Intake dari Bantardawa Desa Rejasari kapisatas 20 liter per detik. Total 951 SR hingga akhir April, dioperasikan mulai 2010,” katanya.

Salah satu warga di Desa Rejasari Kecamatan Langensari Samijan menyambut baik rencana pemasangan air bersih tersebut. Sebab kata dia, kualitas air di wilayahnya kurang bagus karena mengandalkan air sumur.

“Kami senang dengan adanya rencana ini sehingga kedepan kami tidak kesulitan air bersih lagi,” katanya.

Ketua RT3 RW 07 Dusun Sampih Desa Rejasari Susanto berharap pemasangan baru berjalan baik dan cepat. “Mudah-mudahan lancar dan segera dilakukan pemasangan agar warga yang kesulitan air bisa segera teratasi,” katanya. (cep)

Sumber: