BPBD Antisipasi Pohon Tumbang

BPBD Antisipasi Pohon Tumbang

Radartasik, CIAMIS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) CIAMIS menyatakan, saat ini CIAMIS sedang berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Guna mengantisipasi hal tersebut, BPBD Ciamis memangkas pohon secara bertahap di berbagai jalan di Ciamis. Salah satunya di lingkungan Islamic Centre Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA: Kormi Kota Tasikmalaya Target Masuk 10 Besar di Forprov Jabar 2022

Kabid Darlog BPBD Ciamis Memet Hikmat menyampaikan untuk hari ini cuaca yang diwaspadai meliputi  Kecamatan Sadananya, Cihaurbeuti, Panjalu, Kawali, Panawangan, Cipaku, Jatinagara, Rajadesa, Rancah dan Lumbung.

”Upaya kami memberikan himbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, karena bencana bisa kapan saja terjadi,” paparnya.

BACA JUGA: Tingkatkan Kemampuan Fisik, Prajurit Kodim 0612/Tasikmalaya Dites Kesegaran Jasmani

Tambah Memet, langkah lainnya melakukan pemangkasan pohon-pohon secara bertahap beberapa hari ke belakang ini seperti terbaru di lingkungan Islamic Centre. Dimana, pemangkasan dahan pohon trembesi yang menjulur ke jalan.

”Tujuannya untuk mengurangi risiko dan ancaman saat hujan disertai angin kencang dampak cuaca ekstrem bencana hidrometeorologi,” paparnya.

BACA JUGA: Wagub Jabar, Uu Razhanul Ulum Sayangkan Mobil Desa Banyak yang Hilang, Coba Pasangi Alarm

Kata Memet, pemangkasan pohon ini sudah dilaksanakan setiap hari dimulai sekitar satu bulan ke belakang sekaligus untuk mengurangi risiko pohon tumbang di jalur mudik lebaran tahun 2022.

Bahkan  masih akan dilaksanakan di Jalan Nasional dari mulai gerbang Kabupaten Ciamis di arah Barat Imbanagara sampai dengan Cijeungjing dan jalur Arus Balik Lebaran 2022 di jalan Ir H Juanda mulai dari Kalapa Jajar sampai dengan Saripohatji.

BACA JUGA: Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Menyebar, Polri Siapkan Langkah Lokalisir

”Terus akan kami lakukan agar tidak ada pengguna jalan yang tertimpa pohon, karena di Ciamis ini sangat rawan pohon tumbang,” ungkapnya.

Ucu warga Ciamis menyambut langkah BPBD Ciamis memangkas pohon di sepanjang jalan, karena sudah banyak yang tua dan rindang. Karena kalau tidak dipangkas justru akan menimpa pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: