Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Menyebar, Polri Siapkan Langkah Lokalisir

Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Menyebar, Polri Siapkan Langkah Lokalisir

Radartasik, JAKARTA – Polri bergerak membantu pengawasan penanganan penyakit mulut dan kuku hewan sapi. 

Salah satu langkahnya yaitu Polri bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah melakukan lokalisir. Itu agar kasusnya tidak meluas.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan). 

Polri membantu melakukan pendampingan serta pengawasan terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi.

Dengan begitu, dinas peternakan di daerah sebagai leading sector terkait adanya penyakit itu, kata Kapolri, dapat melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat.

Kepolisian di tingkat daerah akan melakukan pengawasan agar tidak terjadinya penyebaran penyakit tersebut ke luar wilayah temuan.

"Polri akan bekerja sama dengan dinas peternakan daerah untuk membantu mengawasi penanganan penyakit tersebut agar tidak terjadi pergeseran ke luar dari wilayah temuan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir dari humas.polri.go.id, Rabu (11/5/2022).

Terjalinnya sinergi antara dinas peternakan dan jajaran Polri di setiap wilayah dapat mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku sapi ke ternak lainnya. 

"Sehingga penyakit tersebut bisa kita bantu lokalisir dan tidak meluas dengan bantuan penjagaan dan pengawasan," ujar mantan Kapolda Banten itu.

Kapolri mendukung langkah Kementerian Pertanian melakukan upaya lockdown sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Polri juga ikut membantu melakukan pengecekan ketat terhadap proses perdagangan hewan ternak. Rujukannya yaitu hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan.

"Melakukan pengawasan dengan cara penyekatan perdagangan hewan ternak keluar atau masuk pada wilayah tersebut yang mengacu pada dokumen hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan," papar Kapolri.

Kapolri telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Satgas Pangan Polri untuk turun ke lapangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: