Majukan Desa Sukamaju dalam Berbagai Sektor

Majukan Desa Sukamaju dalam Berbagai Sektor

RADARTASIK.COM, PAGERAGEUNG — Usai dilantik, Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Pagerageung Kunkun Iwan Kartiwa langsung bekerja dan mendatangi masyarakat untuk menampung aspirasi. Karena mempunyai target ingin lebih memajukan desa dalam berbagai hal, Selasa (22/6/2021).


“Saya sebagai kepala desa baru yang telah dilantik akan mengoptimalkan dan meningkatkan pembangunan di Desa Sukamaju. Sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kepala Desa Sukamaju Kunkun Iwan Kartiwa saat dihubungi Radar, kemarin.

Kata dia, banyak target yang ingin dilakukan untuk membawa desa lebih maju. Mulai dari memperhatikan dan meningkatkan masyarakat miskin, jompo serta hadir ketika ada warga yang sakit.

“Kemudian saya ingin mencoba membuka lapangan pekerjaan bagi warga, sehingga tidak perlu ke luar kota. Termasuk apabila memungkinkan ingin membantu permodalan bagi pelaku usaha kecil,” kata dia, menjelaskan.

Menurut dia, di Desa Sukamaju terdapat beberapa pelaku usaha yang membuat jenis makanan olahan ringan seperti keripik, japilus dan lainnya. Sejauh ini untuk pemasarannya sudah cukup luas, beberapa di antaranya ke Garut, Bogor, Banjar dan lainnya. “Itu menjadi potensi dan tinggal dikembangkan lagi lebih luas,” ujarnya, menjelaskan.

Lanjut dia, pemerintah desa akan memberikan bantuan bahan seperti terigu, minyak, plastik dan bahan lainnya yang diperlukan dalam membuat olahan makanan. Nanti juga akan diberikan pinjaman permodalan untuk pelaku usaha, agar bisa tetap menjalankan roda ekonominya.

“Ke depannya kita akan rangkul pelaku usaha dengan BUMDes untuk bekerja sama dalam hal pemasarannya. Nanti bisa saja dijualnya secara online, tidak hanya offline,” kata dia.

Kunkun ingin mengajak masyarakatnya untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi. Di desa banyak yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi yang ada saat ini.

“Saya berterima kasih tak terhingga atas dukungan masyarakat. Keberadaannya hanya untuk memperjuangankan harapan masyarakat, dengan program pro rakyat selama enam tahun ke depan. Kepada warga desa, saya imbau mari kita bergandengan tangan bersama-sama membangun Desa Sukamaju untuk menuju kemakmuran masyarakat desa,” ajaknya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: