Swiss Atau Wales yang Susul Italia ke Babak 16 Besar

Swiss Atau Wales yang Susul Italia ke Babak 16 Besar

RADARTASIK.COM, JAKARTA — Empat tim yang menghuni Grup A Euro 2020 yakni Italia, Turki, Swiss dan Wales, masing-masing sudah menyelesaikan dua pertandingan hingga Kamis (17/06/2021) dini hari tadi WIB.

Hasilnya? Italia sedang superior. Tim berjuluk Gli Azzurri ini menjadi pemuncak klasemen sementara dengan enam poin.

Maklum saja, di laga perdana sekaligus laga pembuka Euro 2020 di Stadion Olimpico, Italia berhasil menggasak Turki 3-0 tanpa balas.

Dini hari tadi pun, Giorgio Chiellini dkk membekuk Swiss dengan skor 3-0 tanpa balas. Juara Piala Dunia 1998 itu membukukan kemenangan lewat dua gol Manuel Locatelli dan Ciro Immobile.

Dengan hasil itu, tim besutan Roberto Mancini memperpanjang rekor tidak terkalahkan menjadi 29 laga sekaligus lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Sekarang tinggal menghitung peluang tim mana kah yang akan mendampingi Gli Azzurri ke babak selanjutnya?

Wales kah? Swiss kah? 

Dua tim ini sama-sama punya peluang. Hanya saja, Wales sudah punya modal 4 poin setelah bermain imbang 1-1 kontra Swiss dan menang 2-0 kontra Turki.

Sedangkan Swiss hanya modal 1 poin setelah bermain imbang 1-1 lawan Wales dan kalah saat bentrok dengan Italia dini hari tadi WIB.

Penentunya memang pertandingan terakhir babak penyisihan grup yang bakal dihelat pada 20 Juni mendatang. Jika menang atau minimal menahan imbang Italia, Wales bisa melenggang ke babak selanjutnya.

Karena, Gareth Bale dkk bakal mengantongi 5 poin. Sedangkan Swiss kendati menang melawan Turki dengan skor berapa pun tetap hanya mengemas 4 poin.

Jika Wales kalah dari Italia dan Swiss menang kontra Turki, maka poin Wales dan Swiss sama-sama empat. Dengan begitu, penentuan runner up grup akan ditentukan lewat selisih gol.

Namun, Wales masih punya modal surplus dua gol. Sedangkan Swiss masih minus tiga gol. Artinya, jika kalah dari Italia, maka Wales masih bisa lolos asalkan selisih gol Swiss kontra Turki tidak lebih dari gol yang dibukukan Bale dkk.

Kalau peluang Turki memang sudah tertutup. Maklum dari dua laga yang sudah dijalaninya, tim besutan Senol Gunes ini belum mengemas satu poin pun. Bahkan, jumlah gol pun minus 5. (lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: