Apa Itu Staff Utusan Khusus Presiden? Tugas, Peran, dan Nama-Nama Besar yang Dilantik untuk Periode 2024-2029

Rabu 23-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Aisah
Editor : Andriansyah

Menurut Pasal 18 Peraturan Presiden Nomor 137 Tahun 2024, tugas Utusan Khusus Presiden meliputi beberapa hal penting, yaitu:

Melaksanakan tugas-tugas tertentu yang diberikan Presiden Utusan Khusus Presiden diberikan tanggung jawab khusus yang tidak dicakup oleh susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Mereka mungkin terlibat dalam isu-isu khusus seperti diplomasi internasional, penanganan krisis tertentu, atau menangani masalah-masalah kebijakan dalam negeri yang memerlukan perhatian lebih mendalam.

Bertanggung jawab langsung kepada Presiden Setiap Utusan Khusus Presiden bekerja langsung di bawah arahan Presiden dan bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan tugas-tugasnya.

Laporan kinerja mereka pun dilaporkan secara terkoordinasi melalui Sekretaris Kabinet, memastikan bahwa setiap tugas yang diemban berjalan sesuai dengan visi dan misi kepresidenan.

Koordinasi dengan Sekretaris Kabinet Laporan pelaksanaan tugas dari Utusan Khusus Presiden dikoordinasikan oleh Sekretaris Kabinet.

Hal ini memastikan bahwa setiap langkah strategis yang diambil oleh Utusan Khusus Presiden selaras dengan kebijakan umum pemerintah.

Nama-Nama Besar di Balik Posisi Utusan Khusus Presiden

Dalam pelantikan periode 2024-2029, beberapa nama besar yang terpilih sebagai Staff Utusan Khusus Presiden menarik perhatian publik.

Beberapa di antaranya adalah:

Marie Elka Pangestu: Sebagai seorang ekonom dan mantan Menteri Perdagangan, Marie Elka memiliki pengalaman luas di dunia internasional.

BACA JUGA:Raffi Ahmad Resmi Jadi Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024-2029

Kemungkinan besar, ia akan mengemban tugas yang berkaitan dengan isu-isu perdagangan global, ekonomi, atau diplomasi internasional.

Raffi Ahmad: Raffi Ahmad, seorang selebriti ternama, dikenal memiliki pengaruh besar di kalangan anak muda.

Dengan penunjukannya sebagai Utusan Khusus Presiden, Raffi kemungkinan akan bertugas dalam isu-isu yang berkaitan dengan pemuda, budaya populer, atau program-program inovatif yang menyasar generasi muda.

Gus Miftah: Sebagai seorang tokoh agama yang memiliki pengikut besar, Gus Miftah diharapkan berperan dalam isu-isu yang berkaitan dengan moralitas dan spiritualitas.

Kategori :