Dishub Kota Tasikmalaya Optimalkan Potensi Retribusi Parkir, Warga dan Jukir Berikan Dukungan

Kamis 17-10-2024,12:14 WIB
Reporter : Ujang Nandar
Editor : Usep Saeffulloh

RADARTASIK.COM— Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, melalui UPTD Parkir terus berupaya merealisasikan capaian potensi retribusi parkir.

Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Tasikmalaya Uen Haeruman mengatakan saat ini Dishub Kota Tasikmalaya terus berupaya merealisasikan target potensi parkir. 

Berbagai upaya telah dilaksanakan Dishub Kota Tasikmalaya agar capaian target potensi parkir itu tercapai setiap bulan.

Salah satunya dengan diawali oleh melakukan pendataan petugas parkir yang tersebar di Kota Tasikmalaya yang diawali pada bulan Maret sampai Agustus 2024. 

"Dalam pendataan itu kita buat 7 tim dan alhamdulillah telah selesai. Bahkan berdasarkan data petugas parkir itu meningkat menjadi 515 petugas yang awalnya hanya 383 petugas," jelas Uen Hareuman saat ditemui di kantornya Rabu 16 Oktober 2024.


Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Tasikmalaya Uen Haeruman saat mendata petugas parkir di Kota Tasikmalaya. Foto: istimewa--

Setelah pendataan selesai, saat ini Dishub Kota Tasikmalaya tengah fokus dalam capaian terget retribusi sebesar Rp 216.898.000.00 setiap bulannya dari jumlah potensi yang ada. 

"Itu kita gencarkan lagi agar September-Oktober ini bisa tercapai. Karena bulan September dari target Rp 216.898.000.00 masih tersisa Rp 151.021.000.00 yang belum disetorkan oleh petugas parkir," kata Uen.

Meskipun saat ini masih ada berbagai kendala untuk merealisasikan capaian terget potensi parkir. Misalnya dengan alasan dari petugas parkir sepi atau lainnya. 

"Intinya kami tetap akan menagih jumlah setoran petugas sesuai apa yang sudah dijanjikan dalam MoU petugas parkir itu," kata dia.

Adapun besaran jumlah setoran setiap petugas parkir berbeda setiap bulannya. Mulai Rp 300 sampai Rp 600 ribu setiap bulannya. Tergantung lokasi petugas parkir atau jukir. 

"Hanya saja saat ini apa yang sudah di MoU kan itu kadang-kadang dari target setor Rp 600 ribu hanya Rp 200 ribu saja dengan alasan sepi rata-rata," kata Uen.

Uen berharap dengan berbagai upaya, optimalisasi potensi retribusi parkir itu bisa tercapai apa yang sudah menjadi terget setiap bulannya. 

"Mudah-mudahan Rp 200 juta lebih itu bisa tercapai dengan upaya kami ini," kata dia.

Warga Mendukung Upaya Dishub 

Upaya Dishub Kota Tasikmalaya melakukan berbagai upaya untuk optimalisasi potensi parkir mendapatkan dukungan warga. 

Kategori :