Sutradara Gadis Kretek Raih Penghargaan di ACA & Global OTT Awards, Mengharumkan Perfilman Indonesia

Selasa 08-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Dela Fitriani
Editor : Andriansyah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Serial "Gadis Kretek", produksi orisinal Netflix Indonesia, kembali mengharumkan perfilman Indonesia di kancah internasional.

Serial ini berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi Asian Contents Awards (ACA) & Global OTT Awards yang merupakan bagian dari Busan International Film Festival (BIFF) 2024.

Penghargaan untuk Sutradara Terbaik

Sutradara Gadis Kretek, Ifa Isfansyah dan Kamila Andini, berhasil memenangkan kategori "Best Director" pada acara tersebut, yang diselenggarakan pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Ini menjadi satu-satunya penghargaan yang diterima oleh Indonesia dalam acara tersebut ACA & Global OTT Awards 2024, sekaligus menambah deretan prestasi serial "Gadis Kretek".

Ifa dan Kamila menyatakan bahwa penghargaan ini terasa spesial, mengingat mereka memulai karier mereka di dunia film melalui BIFF 2024.

Menurut Kamila, kemenangan ini diharapkan dapat membuka peluang lebih banyak bagi para kreator dari Indonesia dan Asia Tenggara di kancah global.

Tidak hanya Itu, dua pemeran serial "Gadis Kretek" juga berhasil masuk nominasi, yaitu Dian Sastrowardoyo dan Arya Saloka. 

Dian Sastro masuk ke dalam nomasi Best Lead Actress, sementara Arya Saloka masuk dalam kategori Best Supporting Actor.

Jejak Prestasi Gadis Kretek di Festival Internasional

Selain kemenangan di ACA & Global OTT Awards, Gadis Kretek juga menorehkan prestasi di Seoul International Drama Awards pada 25 September 2024.

Di sana, serial ini dinobatkan sebagai "Best Miniseries", dan Dian Sastrowardoyo, yang memerankan tokoh utama Dasiyah, masuk nominasi "Best Actress".

Berkat itu "Gadis Kretek", memperkuat posisinya sebagai serial Indonesia yang sukses di mata dunia.

Tentang Serial Gadis Kretek

Serial Gadis Kretek diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala, yang mengangkat cerita berlatar belakang industri kretek di Indonesia pada tahun 1960-an.

Kategori :