Tak Hanya Diinterupsi Mahasiswa, Pelantikan DPRD Kota Tasikmalaya Diwarnai Aksi Ricuh

Selasa 03-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Prosesi pelantikan DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa 3 September 2024 tak hanya diinterupsi mahasiswa dari KAMMI. Mahasiswa dari PMII dan HMI melakukan aksi di jalan raya menuju Gedung DPRD.

Massa PMII melakukan aksi di pertigaan Jalan RE Martadinana. Sedangkan HMI melakukan unjuk rasa di Jalan Martadinata dekat SMAN 2.

Aksi kedua kelompok mahasiswa ini diwarnai kericuhan. Mereka tak puas karena ingin menyampaikan aspirasi kepada Anggota DPRD terpilih di depan gedung wakil rakyat.

Namun, beberapa meter menuju lokasi rumah rakyat mereka dihadang para petugas keamanan gabungan. Setelah saling berorasi, massa pun merangsek masuk.


Massa HMI saat ricuh dengan petugas gabungan ketika pelantikan DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa 3 September 2024. rangga jatnika / radar tasikmalaya--

Namun, kedua massa tak bisa menembus barikade petugas keamananan yang mengawal ketat pelantikan anggota DPRD terpilih tersebut.

Akhirnya, kericuhan dan beberapa kali aksi dorong-mendorong pun terjadi. Setelah beberapa kali terjadi kericuhan, para anggota DPRD terpilih menemui kedua massa.

Mereka pun langsung menyerap aspirasi massa yang menginginkan perubahan signifikan di Kota Tasikmalaya. Seperti pemerataan pendidikan, optimalisasi anggaran dan lain sebagainya.

Sementara itu Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono menuturkan,  saat pelantikan anggota DPRD tadi ada penyampaian pendapat di muka umum oleh dua elemen mahasiswa.

BACA JUGA:Potret Prewedding HyunA dan Jun Hyung, Kisah Cinta yang Diabadikan dalam Foto

"Ada dua kelompok dan Alhamdulillah sudah selesai. Kedua kelompok telah berdialog dengan anggota dewan terpilih," tuturnya.

Disinggung aksi kedua kelompok sempat memanas hingga terjadi kericuhan, kata Kapolres, keinginan kedua elemen mahasiswa ingin ketemu dengan wakil rakyat. 

"Setelah ditemui dan diajak dialog situasi perjalanan penyampaian pendapat di muka umum kondusif," tambahnya.

Jelas dia, dalam pengamanan pelantikan anggota DPRD Kota Tasikmalaya terpilih ini pihaknya menerjunkan 734 personel gabungan.

BACA JUGA:4 Series Indonesia Terbaik dan Bergenre Misteri, Ada yang Masuk Trending Netflix Amerika

Kategori :