Asesor BAN PDM Jawa Barat Visitasi Akreditasi MTsN 3 Tasikmalaya, Kepala Madrasah: Semoga dapat Hasil Maksimal

Rabu 28-08-2024,13:00 WIB
Reporter : Suryadi
Editor : Andriansyah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (BAN PDM) Jawa Barat melaksanakan visitasi akreditasi MTsN 3 Tasikmalaya tahun 2024.

Visitasi akreditasi di MTsN 3 Tasikmalaya berlangsung selama dua hari, mulai Senin dan Selasa tanggal 26-27 Agustus 2024. Visitasi dari BAN PDM Jawa Barat dipimpin Widdy Sukma Nugraha selaku Asesor 1 dan H. Munip selaku Asesor 2.

Kedua asesor BAN PDM tersebut mengawali visitasi dengan observasi, telaah dokumen, wawancara dalam rangka verifikasi dan validasi data serta informasi yang diberikan MTsN 3 Tasikmalaya.

Pada hari pertama, pihak madrasah bersama asesor dan tamu undangan mengikuti serangkaian acara pembukaan visitasi akreditasi.

BACA JUGA:PERISAI III 2024: Gerakan Pramuka MTsN 3 Tasikmalaya Raih Prestasi di Tingkat Jawa Barat, Ini Capaiannya

Setelah itu dilanjutkan sesi telaah dokumen dan wawancara oleh asesor kepada Kepala Madrasah terkait rencana pengembangan, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, serta capaian dan rencana pengembangan madrasah yang diakreditasi.

Kemudian, agenda dilanjutkan dengan sesi wawancara dan telaah dokumen oleh asesor kepada Ketua Komite Madrasah, orang tua siswa, dan tenaga kependidikan yang meliputi kepala laboratorium, kepala perpustakaan, guru BK, petugas laboratorium, serta petugas perpustakaan.

Asesor kemudian melanjutkan sesi wawancara serta telaah dokumen kepada pendidik/guru dari kelas/tingkat yang berbeda dan beberapa pembina ekstrakurikuler.

Agenda terakhir di hari pertama visitasi akreditasi diisi dengan wawancara kepada perwakilan siswa dari kelas/tingkat yang berbeda. Agenda akreditasi pada hari pertama di setiap sesi berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Solidaritas untuk Palestina, MTsN 3 Tasikmalaya dan KNRP Jawa Barat Kolaborasi Kegiatan Literasi Ini Tujuannya

Pada hari kedua, asesor melaksanakan observasi kelas pada dua guru madrasah yaitu Pengampu Mapel Matematika Meti Faroka dan Pengampu Mata Pelajaran IPA Septi Pramitasari.

Agenda terakhir visitasi akreditasi pada hari kedua diisi dengan penutupan visitasi berupa penyampaian simpulan hasil visitasi, penandatanganan berita acara visitasi, dan refleksi oleh asesor bersama pimpinan madrasah dan tamu undangan.

Penutupan visitasi akreditasi MTsN 3 Tasikmalaya tahun 2024 diawali dengan penyampaian kesimpulan oleh Asesor 1 Widdy Sukma Nugraha.

Widdy Sukma Nugraha menyampaikan catatan terkait komponen inti akreditasi yang meliputi manajemen sekolah, proses pembelajaran, mutu lulusan, dan mutu guru.

BACA JUGA:SELAMAT! Siswi MTsN 3 Tasikmalaya Raih Juara 1 KSM Matematika Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, Ini Harapannya

Kategori :