Sensasi Kopi Arabika Pesisir, Yuk Ah Merapat Ternyata Hadir di Cafe d Mangrove Dumaring

Jumat 02-08-2024,18:27 WIB
Reporter : Tiko Heryanto
Editor : Tiko Heryanto

Bicara food and beverage, tentu saja café d’Mangrove menyediakan menu-menu spesial. Untuk kelas kopi, baik espresso based (kopi olahan mesin) atau manual brewing (kopi olahan manual) juga tersedia. 

BACA JUGA:Rumor Transfer Persib Ini Penjelasan Bojan Hodak Terkait Masa Depan Abdul Aziz dan Zalnando, Jadi Dipinjamkan?

Kopi andalan di café d’Mangrove yakni kopi Dumaring, kopi arabika pesisir dan kopi nusantara. 

Sajian kopi Dumaring sendiri sebetulnya bukan sekadar nama. Di Kampung Dumaring juga tumbuh subur kopi robusta yang khas. 


Kopi robusta Dumaring saat panen belum lama ini.-dok. program kolaborasi konservasi mangrove dumaring-yuam roasted coffee

“Sebetulnya 40 tahun lalu itu di Kampung Dumaring tumbuh dan berlimpah kopi. Jadi ada dua jenis. Orang Dumaring bilang kopi robusta dan kopi nangka atau kopi belanda,” ungkapnya.

Untuk sekadar nongkrong sambil makan dan minum kopi, Anda yang tinggal di Kabupaten Berau bisa meluangkan waktu ke tempat ini. Suasana sore di café d’Mangrove memberikan kesan lain. 

Desir angin dari pantai, diiringi suara burung di hutan mangrove mengajak Anda berkontemplasi dengan alam. Demikian juga suasana malam, café yang dominan outdoor ini dihiasi dengan kelap-kelip bintang. (*)

Kategori :