Puluhan Siswa SMA Negeri 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran Diduga Keracunan Nasi Kotak

Sabtu 20-07-2024,15:27 WIB
Reporter : Deni Nurdiansyah
Editor : Rezza Rizaldi

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Puluhan siswa baru yang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran, diduga mengalami keracunan setelah menyantap nasi kotak. 

Informasi sementara yang diperoleh Radar Tasikmalaya mengungkapkan bahwa 19 siswa dirawat di sekolah, 16 siswa dirawat di Puskesmas Mangunjaya, dan 13 siswa dirawat di Puskesmas Padaherang serta beberapa klinik. Sebagian siswa sudah diperbolehkan pulang.

Kapolsek Padaherang Polres Pangandaran, AKP Aan Supriatna membenarkan adanya dugaan keracunan tersebut. 

"Iya, itu para siswa baru. Kamis 18 Juli 2024 kemarin habis makan nasi kotak, lalu malamnya ada yang merasakan gejala mual-mual, sakit perut, pusing, dan buang air besar. Malamnya juga ada yang sudah dibawa ke puskesmas," ujarnya, kemarin Jumat 19 Juli 2024.

BACA JUGA:Cerita Kampung Tua di Kampung Dumaring Kaltim, Kepala Adat: Rindu Rumah Putih

Beberapa siswa baru merasakan gejala tersebut pada pagi harinya. "Ada yang dirawat di ruang kelas, UKS, kemudian ke puskesmas terdekat," terang Aan. 

Beberapa siswa sudah pulang ke rumah setelah kondisinya membaik. "Kita belum bisa memastikan apa penyebabnya, namun sebelumnya mereka makan nasi kotak di sekolah," tambahnya.

Petugas Puskesmas Mangunjaya, dr Rendi menuturkan, pihaknya sudah memberikan infus dan obat-obatan perawatan. 

"Kalau yang gejalanya berat, kita langsung infus. Ada yang demam dan ada juga yang nyeri ulu hati," tuturnya. 

BACA JUGA:Dear Netizen, Flavio Silva Siap Jawab Keraguan Terhadap Lini Serang Persebaya

Ia mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab dugaan keracunan tersebut karena masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Orang tua salah satu siswa, Epon (40), mengatakan anaknya mengalami gejala mual pada Jumat pagi. "Saya dikasih tahu sekitar pukul 09.00 pagi," ucapnya. 

Menurutnya, anaknya makan nasi kotak saat kegiatan, yang berisi mie, telur, dan sambal.

"Anak saya gak punya riwayat penyakit apa pun, kemarin-kemarin masih sehat. Kita gak tahu penyebabnya karena hasil cek darahnya juga belum keluar," jelasnya.

BACA JUGA:Bobotoh Jangan Kaget, Ini Pengakuan Mateo Kocijan di Debut Bersama Persib

Kategori :