Hasil Survei Pilkada Kabupaten 2024 Tasikmalaya Sementara: Ade Sugianto, Cecep Nurul Yakin, dan Iwan Saputra

Rabu 10-07-2024,19:00 WIB
Reporter : Ujang Nandar
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Berbagai lembaga survei terus melakukan penelitian di lapangan menjelang Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya. 

Kali ini, hasil survei mengenai popularitas, akseptabilitas, hingga elektabilitas calon bupati dan wakil bupati Tasikmalaya telah beredar.

Survei yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia menampilkan tiga nama calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya yang akan digelar pada September mendatang adalah Ade Sugianto, Cecep Nurul Yakin, dan Iwan Saputra.

Dalam survei yang dilaksanakan oleh Poltracking Indonesia pada periode 21-27 April 2024, kategori popularitas menunjukkan Ade Sugianto di posisi teratas dengan 85 persen. 

BACA JUGA:Permudah Pembayaran Premi Asuransi, BRI Jalin Kerja Sama dengan Manulife Indonesia

Di urutan kedua, Cecep Nurul Yakin mendapatkan 71,5 persen, dan Iwan Saputra berada di posisi ketiga dengan 34,2 persen.

Untuk kategori akseptabilitas, Ade Sugianto memperoleh 79,8 persen, Cecep Nurul Yakin 67,9 persen, dan Iwan Saputra 31,3 persen. 

Sementara itu, dalam kategori elektabilitas, Ade Sugianto mendapatkan 48,4 persen, Iwan Saputra 6,0 persen, dan Cecep Nurul Yakin 1,6 persen.

Selanjutnya, dalam simulasi surat suara calon bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto meraih angka elektabilitas 68,0 persen, diikuti oleh Cecep Nurul Yakin dengan 12,7 persen, dan Iwan Saputra dengan 9,3 persen.

BACA JUGA:Mau Nonton Siaran Digital Tanpa Set Top Box? Ini Daftar TV Digital Polytron

Pengamat politik sosial dan pemerintahan Tasikmalaya, Asep M Tamam, menanggapi hasil survei Poltracking tersebut dengan menyatakan bahwa popularitas, elektabilitas, dan kapabilitas para calon bupati Tasikmalaya menunjukkan catatan yang positif. 

Menurutnya, hasil survei ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat merasakan kehadiran Ade Sugianto sebagai petahana selama lima tahun terakhir.

"Pak Ade berada di urutan pertama dalam hasil survei ini, berarti pendekatan politiknya selama lima tahun terakhir mengena dan diingat oleh masyarakat," katanya saat dihubungi Rabu 10 Juli 2024.

Bahkan, Ade Sugianto dianggap telah melakukan pendekatan yang efektif di berbagai acara besar dan lembaga di Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini membuatnya unggul jauh dibandingkan dengan Iwan Saputra dan Cecep Nurul Yakin.

BACA JUGA:Usut Tuntas Peristiwa Perusakan Mobil Kyai di Kota Tasikmalaya, Perbaiki PJU dan Pasang CCTV

Kategori :