Fakta-Fakta Unik Jembatan Cirahong Ciamis-Tasikmalaya: Usianya Lebih 100 Tahun, Besinya Didatangkan dari Eropa

Sabtu 15-07-2023,07:00 WIB
Reporter : Usep Saeffulloh
Editor : Usep Saeffulloh

Hal tersebut karena lokasi pembangunan Jembatan Betman terlalu panjang sehingga memerlukan anggaran yang cukup besar. 

Kementerian PUPR menyarankan mencari lokasi lain yang panjangnya kurang dari yang diusulkan sekarang.

Usulan Jembatan Betman awalnya yang diperkirankan panjang 240 meter dan lebar 7 meter.


Tangkap layar Jembatan Cirahong -Google Maps -

Detail Engineering Design (DED), proses selanjutnya akan melibatkan pembebasan lahan yang rencananya akan diajukan kepada Kementerian PUPR karena pembangunan Jembatan Betman akan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat.

Pembangunan Jembatan Betman sendiri sudah masuk dalam agenda nasional sesuai dengan Perpres Nomor 87.

Jadi, pemerintah daerah hanya perlu menyiapkan DED dan lahan.

Pembuatan DED baru dimulai tahun ini, kemungkinan pengajuan kepada Kementerian PUPR dapat dilakukan pada tahun 2024 dan pembangunan berlangsung pada tahun 2025.

“Untuk yang mengerjakan pembangunanya untuk jembatan tersebut itu langsung dari Kementerian, bukan dari daerah,” paparnya.

Mengacu pada isi Perpres Nomor 87, pembangunan jembatan diharapkan dapat dilakukan dengan anggaran Rp 300 miliar atau bahkan lebih rendah.

Pembangunan Jembatan Betman hanya akan melewati satu desa, yakni Desa Linggasari. Sehingga nantinya pembebasan lahan hanya di Desa Linggasari saja.

Untuk pembebasan lahan sendiri sebagian tanah ada yang milik PT KAI. 

Nantinya, pihak Dinas PUPR Kabupaten Ciamis akan berkoordinasi dengan pihak PT KAI. 

"Perencanaannya juga belum dilakukan," tandasnya. 

Selain sebagai akses warga dari Ciamis menuju Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, nantinya Jembatan Betman akan menjadi penunjang keberadaan Tol Getaci.

Sebab, exit Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis sendiri rencananya di Manonjaya, Tasikmalaya. Namun, informasi terkahir akan ada di Linggasari, Ciamis.

Kategori :