Partai Buruh dan Serikat Pekerja Bakal Gelar Demo Besar-besaran Tolak Kenaikan Harga BBM pada 6 September

Sabtu 03-09-2022,20:53 WIB
Editor : Radi Nurcahya

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bakal menggelar demo besar-besaran 6 September mendatang untuk menolak kenaikan BBM yang diumumkan Sabtu siang tadi. 

Terkait adanya pemberian subsidi atau kompensasi upah sebesar Rp150 ribu selama 4 bulan dianggap para buruh hanya sebagai ‘gula-gula saja’ dari Pemerintah Jokowi agar buruh tidak melakukan protes dan demo besar-besaran pada 6 September nanti. 

Bahkan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menilai tidak mungkin uang Rp150 ribu yang diberikan selama 4 bulan bisa mencukupi atau menutupi kenaikan harga-harga bahan pokok, sebagai dampak kenaikan harga BBM. 

BACA JUGA:Pemerintah Resmi Naikkan Harga BBM Bersubsidi, Era Jokowi dan SBY Langsung Jadi Perbandingan, Coba Cek

BACA JUGA:Harga BBM Bersubsidi Naik, Ini Daftar Mobil-mobil yang Masih Boleh Tenggak Pertalite

Sehingga tegas Said Iqbal, buruh tetap menolak kenaikan BBM dan akan menggelar demo besar-besaran 6 September.

Apalagi upah buruh sudah tidak naik dalam kurun 3 tahun terakhir.

Belum lagi kebijakan baru Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah yang sudah mengumumkan bahwa pemerintah dalam menghitung kenaikan UMK 2023 kembali menggunakan PP 36/2021.

BACA JUGA:Harga Pertalite Naik Mendadak Hari Ini, Driver Ojol: Pendapatan Makin Timpang dengan Naiknya BBM

BACA JUGA:Jika BBM Naik, Organda Garut Minta Penyesuaian Tarif Angkutan

“Dengan kata lain, diduga tahun depan upah buruh tidak akan naik lagi,” ujar Said Iqbal, seperti dilansir pojoksatu.id, Sabtu, 3 September 2022.

Menurut Said Iqbal, keputusan pemerintah Jokowi yang menaikkan harga BBM saat ini hanya sekadar mencari untung di tengah kesulitan yang dialami rakyat.

Sementara itu terkait demo besar-besaran menolak kenaikan harga BBM, Said Iqbal mengatakan Partai Buruh dan serikat pekerja akan menggelarnya di gedung DPR RI pada 6 September mendatang. 

BACA JUGA:1.049 Lowongan Pekerjaan Dibuka dalam Job Fair 2022 di Dadaha, Tasik, Ini Daftar 20 Perusahaan yang Ikut Serta

Said Iqbal pun menyampaikan ada beberapa alasan mengapa Partai Buruh dan serikat pekerja yang tergabung dalam KSPI menolak kenaikan harga BBM. 

Kategori :