Irigasi Cihideung Keupeul Lancar, Pasokan Air ke Kiarajangkung Tasik Terjamin

Irigasi Cihideung Keupeul Lancar, Pasokan Air ke Kiarajangkung Tasik Terjamin

SUKAHENING - Warga Kampung Cihideung Keupeul Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening membangun TPT saluran irigasi sepanjang 225 meter melalui program Percepatan dan Perluasan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy.


Ketua Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sri Sulanjana Didi Jamhari mengatakan, pembangunan tersebut bertujuan untuk memperlancar pasokan air bagi para petani yang ada di desa tersebut.

“Sesuai papan proyek, pengerjaan dilaksanakan selama 60 hari kalender. TPT saluran irigasi ini telah dibangun sejak tanggal 7 April beberapa minggu lalu dan harus selesai maksimal tanggal 5 Juni mendatang,” ujarnya kepada Radar, Selasa (26/5/2021).

Kata Didi, besaran nilai bantuan pembangunan yang baru berjalan kurang lebih tiga pekan itu mencapai Rp 195.000.000. Para petani yang menjadi anggotanya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas adanya Program P3-TGAI melalui BBWS Citanduy yang telah merealisasikan bantuan kepada kelompoknya.

Meskipun dalam keadaan bulan puasa, kata dia, namun pengerjaan dilaksanakan semaksimal mungkin. Pengerjaan TPT saluran irigasi ini tentunya dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan juklak-juknisnya. Diharapkan pembangunan TPT ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dengan adanya program ini, dia sangat berharap ke depannya dapat ditindaklanjuti karena masih perlu adanya perbaikan maupun pembuatan irigasi. Program tersebut diharapkan selalu berkesinambungan, sehingga dapat menunjang swasembada pangan dan terwujudnya kesejahteraan warga desa.

Hasil dari pembangunan ini, kata dia, harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat demi meningkatkan hasil pertanian. Selain itu juga dapat dipelihara kegunaannya demi kepentingan bersama.

“Ya inginnya program ini berkelanjutan dan ke depan sangat berharap sekali bisa mendapatkan bantuan program ini lagi. Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy yang telah membantu, sehingga program ini bisa terealisasi dengan baik,” ucapnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: