Warga Cikunten Indah Gelar Sholat Id di Masjid dan Jalan Perumahan

Warga Cikunten Indah Gelar Sholat Id   di Masjid dan Jalan Perumahan

TAWANG - Seribuan warga RW 10 Perum PDK Cikunten Indah Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang, Kamis (13/05/2021) pagi mengikuti salat Idul Fitri yang digelar Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) setempat.

Selain di dalam Masjid At-Taqwa, para warga mengikuti salat Ied di jalan utama perumahan setempat yang sengaja ditutup sementara waktu.

Sementara itu untuk mencegah penyebaran Covid-19, pengurus DKM telah menandai jarak antar jamaah agar tidak rapat, menyediakan handsanitizer dan juga masker untuk jamaah yang kelupaan membawanya dari rumah.

Pelaksanaan salat Ied 1 Syawal 1442 H sendiri diimami oleh Drs H Endy Abdul Salam MM dan khotib Ustaz Dedi Fauzi Rizal, yang juga Ketua DKM Masjid At-Taqwa.

Dalam ceramahnya Ustaz Dedi menyampaikan tentang beberapa pelajaran positif atau hikmah dibalik pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Pelajaran pertama, bahwa berbagai bencana atau musibah, termasuk di dalamnya Covid-19 adalah sebagai bukti tentang Keagungan Allah SWT, Kekuasaan Allah SWT, dan Kemaha Besaran Allah SWT.

Pelajaran kedua, lanjut Ustaz Dedi, bahwa berbagai bencana atau musibah termasuk Covid-19, hendaknya membuat manusia semakin menyadari hakikat kehidupan di dunia ini hanya sementara. Dan semua manusia akan pulang ke negeri akhirat. 

"Dengan banyaknya korban bencana dan musibah hendaknya menjadi pelajaran bagi kita bahwa hidup dan matinya seseorang sudah ditentukan oleh Allah SWT.  Selanjutnya bahwa segala macam urusan di muka bumi ini adalah atas izin dan kehendak Allah SWT," paparnya.

Adapun pelajaran ketiga, bahwa berbagai bencana atau musibah termasuk Covid-19 hendaknya membuat manusia semakin punya kepedulian sosial yang tinggi, memperhatikan sanak saudara, handai taulan dan tetangga. 

"Karena banyak korban bencana termasuk dampak Covid-19 yang memerlukan bantuan dan uluran tangan kita. Dengan memberi pertolongan pada yang mendapat kesulitan, maka semakin sempurna lah keimanan kita dihadapan Allah SWT," ujar Ustaz Dedi.

"Termasuk saudara-saudara kita di Palestina yang kembali menghadapi penindasan dari Israel sejak di 10 hari terakhir Ramadan. Marilah kita ikut mengulurkan tangan dan membantu mereka, baik dengan harta, tenaga, pikiran dan doa," tambahnya.

(red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: