Ponpes Al Amin Berikan 6 Hadiah Umrah untuk Hafiz Qur'an

Ponpes Al Amin Berikan 6 Hadiah Umrah untuk Hafiz Qur'an

Radartasik, TASIKMALAYA - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Amin Kawalu menggelar Wisuda Tahfizul Qur’an ke-19, Jumat (22/4/2022). Sebanyak 345 santri berhasil hafal Al-Qur’an dari Juz 1 hingga 20.

Pimpinan Ponpes Al-Amin KH Wawan Nawawi MA mengatakan, di Pondok Pesantren Al Amin ini terdapat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terpadu Al Amin dan Madrasah Aliyah (MA) Plus Keterampilan Al Amin.

Di dalam sekolah tersebut mengenal kurikulum asasi atau mendasar, yakni setiap siswa atau santri harus hafal minimal 1 juz, sehingga ketika lulus minimal hafal 3 juz. 

Khusus yang melanjutkan SMP Terpadu Al Amin ke MA Plus Keterampilan Al Amin mesti hafal minimal 6 juz. 

BACA JUGA:Apakah Idul Fitri 2022 akan Kompak 2 Mei, Begini Jawaban Kemenag

”Pondok Pesantren Al Amin ini, mengajarkan siswa atau santri bagaimana mau mendekat Al Qur’an adalah pertama dan utama. Karena hafalan Al-Qur’an ini sebuah fondasi, sehingga santri kami tidak akan tergoda dengan pemahaman-pemahaman yang tidak benar,” katanya kepada Radar, Jumat (22/4/2022).

Dalam menjaga hafalan santri tersebut, inisiatif pihak ponpes mengadakan wisuda Tahfizul Qur’an. Setahun, bisa melaksanakan dua kali wisuda Tahfizul Qur’an.

BACA JUGA:Hati-Hati ! Jalan Raya Kawalu Licin, Toyota Yaris Tergelincir Masuk Parit

Tujuannya untuk mengapresiasi santri atau siswa agar semangat dan istikamah dalam menjaga dan menambah hafalan Al-Qur’an. 

“Mendorong mereka agar betul-betul menghafal dan bisa merawat. Artinya ketika santri atau siswa pondok pesantren Al Amin lulusan nantinya, saat kurang hafalan belum bisa mengambil rapor,” ujarnya.

BACA JUGA:Asah Ilmu Pengetahuan Siswa Lewat Semarak Ramadhan

Bentuk apresiasi lainnya, Pondok Pesantren Al Amin pun memberikan hadiah kepada santri yang mendapatkan per satu juz sebesar Rp 30.000. 

“Sedangkan khusus yang sudah kha­tam hafal Al-Qur’an mencapai 30 juz, nantinya di Juni/Juli ini ada 6 santri. Semuanya akan men­­dapatkan hadiah umrah,” katanya.

BACA JUGA:Jokowi Putuskan Larang Ekspor Minyak Goreng dan Bahan Bakunya, Pasca Terbongkar Kasus Korupsi Migor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: