Bandara Wiriadinata Bersiap Layani Penerbangan Komersil Lagi, Fasilitas dan Aset Dirawat Setiap Hari

Bandara Wiriadinata Bersiap Layani Penerbangan Komersil Lagi, Fasilitas dan Aset Dirawat Setiap Hari

Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya. rezza rizaldi / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya kini tengah bersiap untuk kembali melayani penerbangan komersil

Setelah hampir setahun tanpa aktivitas penerbangan, bandara ini mulai melakukan berbagai persiapan untuk membuka layanan komersil lagi, menyusul pemutusan kontrak oleh maskapai Citilink pada 14 Oktober 2024 untuk rute Jakarta-Tasikmalaya.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Wiriadinata, Bambang Suharjana, menyatakan bahwa meskipun operasional penerbangan komersil terhenti, perawatan dan pemeliharaan fasilitas bandara terus dilakukan setiap hari. 

"Petugas kami rutin berpatroli dan memastikan semua fasilitas, termasuk mesin AVSEC, berfungsi dengan baik. Petugas kebersihan juga selalu menjaga kebersihan dan merawat area bandara," ujarnya saat ditemui di Bandara Wiriadinata, Senin 2 September 2024.

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Ciamis Petakan Kerawanan Pilkada, Fokus Tahapan Krusial

Bambang juga mengungkapkan bahwa pada Jumat 30 Agustus 2024, ia mendampingi Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat, dan Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, bertemu dengan Staf Kepresidenan Republik Indonesia Wisnu Aji Nugroho. 

Pertemuan tersebut membahas perkembangan dan persiapan layanan penerbangan di Bandara Wiriadinata.

"Kami sangat mendukung dan berharap bandara ini bisa segera beroperasi kembali secara komersil," tambah Bambang. 

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa Bandara Wiriadinata tetap beroperasi untuk keperluan lain, termasuk kunjungan resmi dan kegiatan edukasi.

BACA JUGA:Fraksi PPP DPRD Kabupaten Tasikmalaya Fokus Dorong Aspirasi dan Optimalisasi Pelayanan Dasar

Berdasarkan pantauan di lapangan, area bandara hanya dilalui oleh petugas Kementerian Perhubungan dan petugas kebersihan. 

Fasilitas di dalam terminal, seperti tempat pembelian tiket dan pemeriksaan tiket, masih tampak sama seperti setahun lalu, dengan label "Citilink" yang masih terlihat di beberapa counter. 

Meskipun mesin AVSEC ditutup kain khusus, Bambang memastikan semuanya tetap berfungsi dan terawat.

Di area apron dan runway, suasana masih sepi, hanya terlihat kendaraan pemotong rumput yang aktif merawat area tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: