Kurikulum Madrasah Diganti, Simak KMA Nomor 450 Tahun 2024

Kurikulum Madrasah Diganti, Simak KMA Nomor 450 Tahun 2024

Kurikulum madrasah diganti seiring diterbitkannya KMA Nomor 450 tahun 2024.-Kemenag-

JAKARTA, RADARTASIK.COMKurikulum madrasah diganti. Hal itu sejalan dengan peluncuran Keputusan Menteri Agama alias KMA Nomor 450 tahun 2024.

KMA Nomor 450 tahun 2024 merupakan pedoman implementasi kurikulum semua tingkatan sekolah Islam di bawah Kemenag.

Sekolah Islam di bawah Kemenag antara lain raudlatul athfal (RA), madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), madrasah aliyah (MA) dan madrasah aliyah kejuruan (MAK).

Peluncuran KMA tentang kurikulum baru madrasah diawali dengan sosialisasi kepada kepala RA dan madrasah di Lampung pada Selasa - Kamis, 9 - 11 Juli 2024. Jadi, sejak saat itu sah kurikulum madrasah diganti.

BACA JUGA: Ratu Durian Tasik Tak Hanya Siapkan Hadiah Motor untuk Pegi Setiawan, Tapi ...

Plt Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Prof Abu Rokhmad mengatakan penting menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa Kemenag mempunyai KMA 450 tahun 2024.

Dia menyebut isi KMA 450 tahun 2024 sama dengan Permendikbud ditambah dengan kekhasan tertentu. KMA ini dianggap sebagai kilometer asasi kurikulum nasional atau kurikulum merdeka.

KMA ini menjadi penanda bahwa mulai hari ini, Kemenag dalam hal ini madrasah menerapkan kurikulum baru menggantikan kurikulum lama.

Dia berharap kurikulum baru madrasah menjadi pedoman semua stakeholders dan diimplementasikan untuk melahirkan profil anak didik yang ideal.

BACA JUGA: Pasar Rakyat Purbaratu Resmi Dibuka, Pj Wali Kota Tasikmalaya Harap Ada Perputaran Uang

Kurikulum bukan barang mati atau monumen. Kurikulum harus jadi hidup. Dan, guru, kepala madrasah dan pengawas yang menghidupkan kurikulum.

”Kita hidup di zaman disrupsi dengan penanda perubahan yang cepat dan tidak terduga. Semoga Allah memberikan jalan terang bagi implementasi KMA ini,” katanya seperti dilansir laman resmi Kemenag, Jumat 12 Juli 2024.

Dia mengataka KMA baru madrasah merupakan bagian dari upaya Kemenag dalam merespons dinamika kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi dan tuntutan kehidupan abad 21 dengan beragam perubahan.

KMA Nomor 450 tahun 2024 merupakan kurikulum madrasah yang dirancang untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cakap, kreatif, sehat, berilmu, mandiri, jadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: