Apa Itu Generasi Sandwich? Begini Arti dan Tantangan yang Dihadapinya

Apa Itu Generasi Sandwich? Begini Arti dan Tantangan yang Dihadapinya

Arti dan tantangan generasi sandwich beserta cara mengatasinya.-Freepik/Reka foto-

RADARTASIK.COMGenerasi sandwich atau disebut juga generasi tengah merupakan generasi yang berada di antara generasi orang tua dan generasi anak-anaknya.

Mereka menghadapi tekanan dari kedua generasi yang mengapitnya, khususnya dalam menjalani peran sebagai orang tua dan sebagai anak sekaligus

Dimana kondisi ini mengharuskan mereka untuk mengurus orang tua yang sedang membutuhkan perawatan. Pada saat yang sama mereka juga harus mendidik dan mengasuh anaknya.

Arti dari generasi sandwich adalah keadaan dimana seseorang berada di tengah-tengah tuntutan dan tanggung jawab yang besar, seperti diapit oleh dua generasi, yaitu orang tua dan anak-anak.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Beserta Syarat Jika Ingin Lolos

Mereka memiliki tanggung jawab untuk merawat orang tua yang mungkin keadaannya sudah mulai rentan dan membutuhkan perhatian khusus.

Pada saat yang sama, mereka juga harus memenuhi kebutuhan dan mengurus anak-anak yang sedang masa tumbuh dan berkembang.

Tren pernikahan yang terlambat dan keputusan untuk memiliki anak di usia yang lebih matang juga berdampak pada generasi sandwich.

Generasi ini memulai rumah tangga mereka saat orang tua mereka mulai membutuhkan perawatan karena usia. Atau memiliki anak di usia yang lebih tua.

BACA JUGA: Cara Dapatkan Bonus Transaksi Hingga Rp 10 Juta dari BCA!

Tantangan generasi sandwich cukup besar, karena itu cara menghadapinya harus bijak. Berikut adalah beberapa tips mengatasi tantangan generasi sandwich:

1. Keterbukaan dalam berkomunikasi

Penting untuk memiliki komunikasi yang terbuka dengan semua anggota keluarga yang terlibat. Diskusikan semua hal tentang harapan, kebutuhan, dan mungkin batasan tertentu, agar semua orang bisa memahami situasi dengan lebih baik.

2. Mencari Dukungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: