Pernah Telanjur Bersikap Kasar Pada Anak, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Cara Memperbaikinya!

Pernah Telanjur Bersikap Kasar Pada Anak, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Cara Memperbaikinya!

Cara memperbaiki kesalahan orang tua yang pernah bersikap kasar pada anak.-Freepik-

RADARTASIK.COMOrang tua yang telanjur bersikap kasar pada anak, pasti akan menyesal perbuatannya. Di sisi lain sikap itu sudah menorehkan luka di hati sang anak.

Sikap kasar orang tua terhadap anak adalah situasi yang tidak diinginkan dan dapat memiliki dampak jangka panjang yang buntut terhadap perkembangan emosional dan psikologis anak

Namun, jika orang tua telah melakukan tindakan yang kasar terhadap anaknya, tidaklah terlambat untuk melakukan perubahan dan memperbaiki hubungan tersebut. 

Perlu upaya untuk memperbaiki semua yang terjadi. Anak sakit hati oleh orang tua harus cepat disembuhkan dan penyesalan orang tua mesti segera disudahi, agar hubungan antara keduanya bisa kembali sehat.

BACA JUGA: Direksi BRI Kembali Lakukan Aksi Borong Saham hingga Miliaran Rupiah

Dalam artikel ini, kami membahas langkah-langkah yang harus dilakukan orang tua untuk memperbaiki kesalahan pada anak dan membangun kembali hubungan yang sehat antara orang tua dan anak.

Berikut adalah cara memperbaiki kesalahan orang tua pada anak yang berisi panduan bagi orang tua yang pernah bersikap kasar pada anak:

1. Menyadari Kesalahan dan Bertanggung Jawab

Langkah pertama adalah orang tua harus menyadari kesalahannya dengan sungguh-sungguh.

Mereka harus bertanggung jawab atas sikap kasar mereka dan menyadari dampak negatif yang dialami oleh anak, seperti sakit hati atau trauma batin dan sejenisnya.

2. Minta Maaf dengan Tulus

Setelah menyadari kesalahan, orang tua harus meminta maaf kepada anak dengan tulus. Minta maaf dengan tulus dan penyesalan sikap kasar yang sudah dilakukannya.

Beritahukan kepada anak bahwa sikap kasar yang dilakukannya itu adalah salah dan tidak boleh ditiru. Tunjukkan dengan sungguh-sungguh bahwa orang tua tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi. 

BACA JUGA: Mantan Rekan Setim Ciro Alves Dirumorkan Gabung Persib, Bobotoh Serbu Akun Instagramnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: