O2SN Kabupaten Tasikmalaya Gali Potensi Siswa SMP Lewat Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas

O2SN Kabupaten Tasikmalaya Gali Potensi Siswa SMP Lewat Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto saat membuka kegiatan O2SN di Alun-Alun Manonjaya, Kamis 6 Juni 2024. ujang nandar / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto membuka kegiatan Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreativitas siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2024 di Alun-alun Manonjaya, Kamis 6 Juni 2024.

Kegiatan yang biasa dikenal dengan nama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini diharapkan mampu membentuk karakter dan mengembangkan potensi siswa.

Ade menyebutkan kegiatan tersebut sebagai bagian dari kalender akademik Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

"Sebelumnya kita sudah melaksanakan kegiatan ini untuk tingkat SD, dan kali ini untuk tingkat SMP," ujarnya kepada radartasik.com, Kamis 5 Juni 2024.

BACA JUGA:Maling di Kota Tasikmalaya Terlelap Tidur di Rumah Korban, Bangun Kaget Diciduk Warga dan Polisi

Ade menekankan bahwa kegiatan ini bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebagai momen silaturahmi antara siswa dan guru di tingkat SMP.

"Ini tentunya bisa membangun kedisiplinan anak-anak, mengajarkan mereka untuk menghargai prestasi orang lain, mengevaluasi diri sendiri, dan yang paling penting, mengembangkan mentalitas," terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini harus menjadi ajang untuk menggali potensi atlet dalam berbagai cabang olahraga yang dilombakan.

"Mudah-mudahan dari sini bisa tumbuh potensi atlet untuk masa depan," tambahnya.

BACA JUGA:Dompet Tiap Dinas di Kota Tasikmalaya Harus Diperiksa, Update Status Jalan-Jalan di Kaltim Melukai Hati Rakyat

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana menuturkan, melalui Olimpiade O2SN ini diharapkan dapat mewujudkan siswa dan siswi yang berkarakter.

"Selain itu, juga mampu meningkatkan kreativitas, sportifitas, kemandirian, dan toleransi," tuturnya.

Dadan menyebut bahwa kegiatan ini merupakan ajang prestasi berjenjang. Bagi siswa yang berprestasi, mereka akan mewakili Kabupaten Tasikmalaya hingga tingkat nasional.

"Mudah-mudahan bisa sampai ke tingkat nasional. Ada banyak cabang olahraga yang menjadi unggulan, seperti badminton dan sepak bola, yang menjadi andalan kita," jelas Dadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: