Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya Rawan Pelanggaran Netralitas ASN kata Bawaslu

Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya Rawan Pelanggaran Netralitas ASN kata Bawaslu

Sebanyak 117 Anggota Panwascam untuk Pilkada dilantik di salah satu hotel yang berada di wilayah Kecamatan Singaparna, Jumat 24 Mei 2024. ujang nandar / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya mengakui Pilkada 2024 rawan terhadap pelanggaran betralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu seperti dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda yang menyebutkan Pilkada nanti akan sangat rawan terhadap netralitas ASN. 

"Netralitas ASN selalu terjadi pada Pilkada. Karena ini pemilihan Bupati dan Wakilnya," katanya kepada radartasik.com usai pelatikan Anggota Panwascam di salah satu hotel di Kecamatan Singaparna, Jumat 24 Mei 2024.

Maka, terang dia, setelah hari ini adanya pelatikan sebanyak 117 orang Panwascam maka harus sudah siap melaksanakan pengawasan. Karena tahapan Pilkada sudah dimulai. 

BACA JUGA:Tablet Android Pertama POCO Meluncur, Berikut Harga dan Spesifikasinya

"Setelah dilantik Panwascam juga harus langsung melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pada Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya," terangnya.

Tambah dia, sebanyak 117 orang anggota Panwascam tersebut terdapat di 39 kecamatan. Diharapkan itu bisa menjadi momentum bagi mereka dalam rangka menjalankan tugas yang luar biasa beratnya dan harus di jalankan sebaik-baiknya. 

"Jika Pemilu bisa aman dan damai tergantung kepada penyelenggara, maka pengawasan harus betul-betul dilaksanakan oleh seluruh anggota Panwascam," tambahnya.

Dodi menyebutkan, jika penyelengara Pemilu di Kabuoaten Tasikmaya tidak berintegritas akan terjadi kekacauan.

BACA JUGA:Seleksi Calon Praja IPDN 2024 Dibuka, Lulus Kuliah Bisa Jadi PNS di Instansi Pemerintah, Ini Persyaratannya 

"Berkaca kepada Pemilu kemarin, Panwascam ini bekerja luar biasa maka pada Pilkada pun harus seperti itu," kata dia.

Dodi menandaskan, ke 117 anggota Panwascam tersebut merupakan wajah lama, namun ada 9 orang melalui pemilihan kembali karena mengundurkan diri. Karena ada pekerjaan baru seperti menjadi PPPK. 

"Mudah-mudahan Pilkada 2024 ini bisa berjalan dengan lancar," harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: