Berikut Daftar 17 Bandara Internasional Baru Menurut Kepmenhub Nomor 31 Tahun 2024

Berikut Daftar 17 Bandara Internasional Baru Menurut Kepmenhub Nomor 31 Tahun 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menetapkan 17 bandara internasional baru tahun 2024.-Kemenhub-

16. Bandara Sentani, Jayapura, Papua

17. Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT

Data Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menunjukkan terdapat 34 bandara internasional yang dibuka sejak 2015-2021.

BACA JUGA: Honor 200 Lite Smartphone Ergonomis di Lengkapi Kamera Selfie 50 MP Harganya Cek di Sini

Namun bandara yang melayani penerbangan niaga berjadwal luar negeri dari/ke berbagai negara hanya 5 lokasi. Yakni, Soekarno-Hatta, Jakarta. I Gusti Ngurah Rai, Bali. Juanda, Surabaya. Sultan Hasanuddin, Makassar. Kualanamu, Medan.

Sedangkan beberapa bandara internasional hanya melayani penerbangan jarak dekat dari/ke satu atau dua negara.

Bandara internasional lain hanya beberapa kali melakukan penerbangan internasional, bahkan ada yang sama tidak memiliki layanan penerbangan internasional. Operasional menjadi tidak efektif dan efesien disebabkan dua kriteria bandara.

Meskipun 17 bandara telah ditetapkan sebagai internasional, bandara berstatus bandar udara domestik tetap dapat melayani penerbangan luar negeri untuk kepentingan tertentu secara temporer.

BACA JUGA: Davi Pacanaro da Silva, Anak David da Silva Gabung Akademi Persib, Dapat Dukungan Penuh dari Sang Ayah

Itu berlaku setelah mendapatkan penetapan oleh Menteri Perhubungan sesuai Permenhub Nomor 40 tahun 2023 tentang Perubahan Atas Permerhub Nomor 39 tahun 2019 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.

Bandara domestik dapat melayani penerbangan luar negeri untuk kepentingan kenegaraan, kegiatan yang bersifat internasional, embarkasi dan debarkasi haji, menunjang pertumbuhan ekonomi nasional (industri pariwisata dan perdagangan) serta penanganan bencana.

Dia memastikan penataan status bandara akan dievaluasi secara berkelanjutan. Penataan dan operasional bandara akan disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: