Jalur Manonjaya-Salopa Kabupaten Tasikmalaya Sempat Tertutup Total Diterjang Bencana Longsor

Jalur Manonjaya-Salopa Kabupaten Tasikmalaya Sempat Tertutup Total Diterjang Bencana Longsor

Tim gabungan saat melakukan evakuasi meterial longsor yang menutup jalur Manonjaya-Salopa Minggu 21 April 2024. istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan deras yang terjadi kemarin sore, Minggu 21 April 2024 menyebabkan bencana longsor di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya Jalan Raya Salopa Desa Kawitan Kecamatan Salopa.

Akibatnya, jalan penghubung Manonjaya-Salopa itu sempat tertutup total, bahkan tidak bisa dilewati total oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Kemacetan pun terjadi hingga kurang lebih satu kilometer. 

Kepala Dusun Kawitan, Epan mengatakan, bencana alam tersebut terjadi pada Minggu 21 April 2024 sore. Saat itu wilayah tersebut diguyur hujan cukup lebat. 

"Tiba-tiba saja tebing pinggir jalan longsor dengan membawa material tanah dan pepohonan," katanya kepada radartasik.com, Senin 22 April 2024. 

BACA JUGA:FAJI Kabupaten Tasikmalaya Sindir Taman Wisata Ciwulan Jadi Proyek Mubazir karena Tak Bisa Dimanfaatkan

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja jalan sempat tertutup total beberapa jam, setelah akhirnya selesai dievakuasi pada malam. "Hingga Senin dini hari barus selesai seluruhnya dievakuasi," terangnya.

Sementara itu Ketua PK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetia menuturkan, setelah mendapatakan laporan tim dari petugas seperti BPBD, Tagana, Polri dan TNI langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi. 

"Kejadiannya pukul 17.00 sore, saat itu terjadi hujan deras dan angin kencang, setelah laporan, kami turun langusng ke lapangan untuk melakukan evakuasi," tuturnya.

Evakuasi material longsor memerlukan setidaknya kurang lebih delapan jam karena menggunakan peralatan seadanya. 

BACA JUGA:18 Personel Polres Banjar Dapat Penghargaan, Ini Pesan Khusus Kapolres

Ditambah dengan kondisi hujan deras yang tidak berhenti. "Cukup lama sampa pukul dua belas malam lebih baru selesai evakuasi," tambahnya.  

Jelas Jembar, saat ini jalur tersebut sudah bisa dilewati oleh kendaraan kedua belah arah baik dari Salopa maupun dari Manonjaya. "Saat ini normal kembali, walapun sebelumnya sempat macet total," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: