Nilai Historis Syawal, 4 Peristiwa Perang dalam Sejarah Islam Ini Terjadi di Bulan Syawal

Nilai Historis Syawal, 4 Peristiwa Perang dalam Sejarah Islam Ini Terjadi di Bulan Syawal

Perang besar yang terjadi pada bulan syawal. Foto: disway--

Pada awalnya, pasukan Muslimin mengalami kepanikan dan kehilangan kepercayaan diri. 

Namun, dengan bantuan Allah SWT dan dengan ketekunan serta kemauan kuat, pasukan Muslimin berhasil memenangkan pertempuran.

4. Perang Thaif

Perang Thaif merupakan kelanjutan dari perang Hunain. Kemenangan yang diperoleh di perang Hunain membuat pasukan Muslim berhasil mengalahkan pasukan Hawazin dan Tsaqif yang berusaha menyerang. 

Pasukan musuh yang dipimpin oleh Malik bin Auf An-Nashri memasuki Thaif. Saat itu pasukan Muslimpun terus mengejar musuh hingga mencapai ke kotanya.

Nabi Muhammad SAW selanjutnya memerintahkan Khalid bin Walid untuk maju dengan seribu prajurit Muslim ke depan terlebih dahulu.

Tatkala pasukan Muslim mencapai Thaif, kaum musyrikin bersembunyi di balik benteng yang dikuasai oleh Malik bin Auf. 

Rasulullah SAW segera memerintahkan pasukannya untuk mengepung mereka.

Pasukan muslim sempat terpojok dalam peperangan. Namun Rasulullah memerintahkan untuk membakar pohon yang ada di sana sebagai sebuah strategi.

Peristiwa pengepungan di Thaif memang cukup berat dan membutuhkan pengorbanan yang besar, sebanyak 12 sahabat gugur, sedangkan dari pihak musuh hanya 3 orang yang tewas.

Pengepungan inipun berlangsung cukup lama, ada yang mengatakan 15 hari, 20 hari dan bahkan 40 hari.

Itulah beberapa perang yang terjadi pada bulan Syawal dalam sejarah Islam. Masing-masing perang memiliki pelajaran penting yang dapat diambil. 

Dari strategi dan ketabahan yang ditunjukkan oleh pasukan Muslimin, kita dapat belajar tentang keberanian, strategi, serta pentingnya keteguhan iman dan kebersamaan dalam menghadapi ujian dan tantangan dalam hidup. Wallahua'lam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: