Butuh 7 Jam Lewatin Lingkar Gentong Tasikmalaya dari Imbanagara Ciamis, Arus Balik Lebaran 2024

Butuh  7 Jam Lewatin Lingkar Gentong Tasikmalaya dari Imbanagara Ciamis, Arus Balik Lebaran 2024

Rombongan pebalik dari Ciamis beristirahat di Pos Leter U Lingkar Gentong Tasikmalaya, Jumat malam 12 April 2024. rangga jatnika / radar tasikmalaya--

Butuh  7 Jam Lewatin Lingkar Gentong Tasikmalaya dari Imbanagara Ciamis, Arus Balik Lebaran 2024

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Arus balik di wilayah Ciamis dan Tasikmalaya menyebabkan perjalanan menjadi lebih lambat dari biasanya. 

Pebalik dari Ciamis bahkan memerlukan waktu lebih dari 7 jam untuk melewati jalur lingkar Gentong Tasikmalaya.

Pantauan dari Radar Tasikmalaya menunjukkan bahwa arus balik di jalur Gentong semakin padat pada Jumat malam 13 April 2024. Antrean kendaraan terutama terjadi di Jalur Gentong dan Ciawi.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi 5 Kuliner yang Bisa Kamu Coba Saat Libur Lebaran di Kota Bandung, Dijamin Maknyus!

Mulai dari sore hingga malam, polisi menerapkan sistem one way sebanyak 4 kali untuk mengatasi kepadatan kendaraan. Namun, setelah sistem one way berakhir, kepadatan kembali terjadi karena arus kendaraan dari timur menuju barat terus berlanjut.

Keadaan begitu padat sehingga satu keluarga pemudik dari Ciamis bahkan menghabiskan lebih dari 7 jam untuk melewati jalur lingkar Gentong.

Seorang pemudik, Diki Nurjaman (40), mengungkapkan bahwa ia sudah terjebak kepadatan di Imbanagara Ciamis sejak pukul 15.00 WIB dan baru tiba di Pos Terpadu Lingkar Gentong sekitar pukul 22.30 WIB.

Perjalanan keluarga Diki dari Ciamis sampai Lingkar Gentong memakan waktu sekitar 7 jam 30 menit, sedangkan dalam kondisi normal, jarak tersebut dapat ditempuh kurang dari 2 jam.

BACA JUGA:Pebalik Mobil dan Motor Padati Jalur Gentong Tasikmalaya, Jangan Lupa Cek Kendaraan Sebelum Berangkat

"Sejak berangkat sore dari Ciamis sudah padat," ungkapnya saat mengistirahatkan mobilnya di Pos Terpadu.

Meskipun Polisi menerapkan sistem one way sebanyak 4 kali, Diki hanya mengalami satu kali saja karena mereka berhenti di rest area SPBU Gentong saat one way ketiga.

Setelah terjebak kepadatan lalu lintas selama berjam-jam, mobil yang dikemudikan Diki mengalami masalah dengan koplingnya. Oleh karena itu, mereka memilih untuk beristirahat di Pos Leter U jalur Gentong.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Iskandar, menyatakan bahwa arus lalu lintas di wilayah Tasikmalaya cukup padat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: