Puluhan Rumah dan Masjid di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi

Puluhan Rumah dan Masjid di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi

Rumah warga di Kota Tasikmalaya saat terendam air banjir, Kamis malam 11 April 2024. istimewa--

Puluhan Rumah dan Masjid di Kota Tasikmalaya Terendam Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Tasikmalaha menyebabkan puluhan rumah di Kampung Cibaregbeg, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung terendam banjir Kamis malam, 11 April 2024.

Banjir mulai merendam sebagian rumah warga sekitar pukul 17.00 WIB dan disebabkan oleh meluapnya saluran irigasi di wilayah tersebut, menyebabkan perkampungan warga setempat tergenang air.

Abdul Manaf (65), salah seorang warga yang terdampak banjir, mengatakan bahwa banjir mulai merendam rumah pada pukul 07.00 WIB.

BACA JUGA:Mobil Wisatawan Tak Kuat Nanjak di Jalan Menuju Gunung Galunggung saat Libur Lebaran 2024

"Banjir dimulai sekitar jam enam pagi karena hujan deras sejak sore dan meluapnya saluran air," ujar Abdul kepada wartawan, Jumat 12 April 2024.

Menurut Abdul, genangan air di pemukiman penduduk ini juga disebabkan oleh kondisi saluran air yang kurang baik.

"Air meluap berasal dari saluran irigasi dekat pemukiman warga. Saat ini sudah surut, tapi sepertinya akan hujan lagi hari ini," terangnya.

Selain itu, kiriman air dari wilayah hulu juga menyebabkan air masuk ke gang-gang di pemukiman warga.

BACA JUGA:Menkes Budi Ungkap 3 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Pemudik, Ini Tips Mudik Sehat Kata Menkes

Banjir juga melanda Kampung Layungsari, Kelurahan Nagarawangi, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, membanjiri belasan rumah dan sebuah masjid.

Air setinggi sekitar 70 sentimeter masuk ke dalam masjid, menyebabkan karpet dan fasilitas lainnya terendam. Warga membersihkan lumpur dan air yang memasuki masjid tersebut.

Menurut petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, banjir terjadi karena meluapnya sungai di pinggiran bangunan.

Markus, petugas BPBD Kota Tasikmalaya, mengatakan bahwa pihaknya mendapat laporan dari warga tentang genangan air di beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: