Daftar Tol yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024 di Jawa dan Sumatera

Daftar Tol yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024 di Jawa dan Sumatera

Berikut ini daftar tol yang gratis saat mudik Lebaran 2024 di Jawa dan Sumatera.-Ilustrasi/BPJT-

Daftar Tol yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024 di Jawa dan Sumatera

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Anggota Badan Pengatur Jalan Tol Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengungkap beberapa ruas tol yang berpotensi digunakan secara darurat saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Menurut dia, terdapat 7 ruas tol yang berpotensi untuk difungsionalkan saat arus mudik dan balik Lebaran. Sebanyak 3 ruas tol fungsional di Pulau Jawa dan 4 ruas tol di Pulau Sumatera.

Selama melintasi jalan tol fungsional, pemudik tidak dikenai tarif alias gratis. Jika disiapkan gerbang tol, pengendara harus melakukan tapping pembayaran di gerbang tol dengan kartu uang elektronik.

BACA JUGA: Diduga Hirup Gas Beracun, 2 Warga Tasikmalaya Meninggal Dalam Sumur di Cibalong

BACA JUGA: Warga Pangandaran Diminta Dinkes Jaga Kebersihan Lingkungan, Antisipasi Lonjakan Kasus DBD

”Pada jalan tol fungsional tetap diupayakan pada kesiapan perambuan dan kondisi jalan yang diperhatikan kenyamanannya sebaik mungkin untuk pengendara melintas,” ujarnya saat menjadi narasumber Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) seperti dikutip dari laman resmi BPJT, Senin 25 Maret 2024.

Dia mengingatkan kecepatan kendaraan di jalan tol fungsional biasanya dibatasi maksimal 40 km per jam mengingat kondisi jalan belum mulus.

Ketika kecepatan kendaraan lebih dari 50 km per jam, jalanan akan dipenuhi debu bahkan licin saat musim hujan. Hal itu mengganggu jarak pandang hingga membahayakan kendaraan di belakangnya.

Terkait manajemen pengaturan lalu lintas di jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengikuti instruksi dan arahan alias diskresi dari kepolisian.

BACA JUGA: Begini Konsep Baru Terminal Guntur Melati di Garut yang Nyaman, Aman dan Bersih Usai Direvitalisasi

BACA JUGA: Ini Harapan Praktisi Pendidikan kepada Bakal Calon Wali Kota yang Akan Bertarung di Pilkada Banjar 2024

Berikut daftar jalan tol yang gratis saat mudik Lebaran 2024

PULAU JAWA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: