Berdayakan Petani, Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya Tanami Tanah Wakaf dengan Ratusan Pohon Alpukat

Berdayakan Petani, Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya Tanami Tanah Wakaf dengan Ratusan Pohon Alpukat

Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya menaman ratusan bibit alpukat, Minggu 24 Maret 2024. Foto: Ist--

Perkebunan alpukat tersebut akan menjadi pilot project. Karena itulah MPM PP Muhammadiyah memasok mulai dari dana pembelian bibit, proses perawatan, hingga rencana pemasaran saat pohon itu berbuah.

"Jadi, karena ini merupakan pilot project bagi MPM PP Muhammadiyah, nanti akan ada pemantauan dan bimbingan secara terus menerus," ujarnya.

BACA JUGA: Telah Dibuka! Toko Tasmu yang Menjadi Pilar Penyangga Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya

Iwa Kurinawan menjelaskan, tujuannya penanaman ratusan bibit Alpukat supaya para petani bisa melakukan pemeliharaan pohon tersebut tumbuh subur dan berbuah. 

Adapun pemasaran pun akan dibantu saat pohon tersebut berbuah dengan baik nantinya.

Pada kesempatan tersebut juga berlangsung jihad kedaulatan pangan melalui pelatihan pertanian terpadu. Petani mendapat pembekalan bagaimana supaya dapat meningkatkan produksi pertanian.

Guna mendukung kesuksesan program tersebut, MPM PP Muhammadiyah membentuk sebuah lembaga bernama Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam). Inilah wadah koordinasi antar petani Muhammadiyah. 

"Jatam ini sepenuhnya berhubungan dengan petani. Para petani Muhammadiyah bisa berkoordinasi dan berbagi informasi di dalamnya, yang memudahkan mereka mengetahui strategi bertani. Dengan demikian para petani dapat mengatasi masalah-masalah pertanian yang solutif," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: