Ini Tips untuk Penderita Diabetes yang Ingin Berpuasa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya di Bawah Ini

Ini Tips untuk Penderita Diabetes yang Ingin Berpuasa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya di Bawah Ini

Tips aman berpuasa bagi penderita diabetes, foto: freepik/reka foto--

Hak ini bisa dilakukan dengan memperhatikan konsumsi cairan yang cukup selama beraktivitas. 

Untuk itu, penderita diabetes yang ingin berpuasa disarankan agar lebih sering mengonsumsi air putih dibandingkan dengan minuman manis atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. 

7. Menjaga kadar gula darah tetap terkontrol 

Kontrol terhadap kadar gula darah merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan. 

Melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin sangat dianjurkan.

Melakukan pemeriksaan gula darah secara teratur ini penting untuk menghindari komplikasi yang mungkin timbul akibat kadar gula darah yang tidak terkendali, seperti hipoglikemia (kadar gula darah rendah) atau hiperglikemia (kadar gula darah tinggi). 

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar gula darah kurang dari 70 mg/dl atau lebih dari 300 mg/dl, sangat dianjurkan untuk membatalkan puasa dan segera mencari pertolongan medis yang diperlukan.

8. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting, termasuk saat menjalankan puasa. 

Bagi penderita diabetes yang ingin berpuasa, berolahraga secara teratur dapat memberikan manfaat positif, asalkan dilakukan dengan porsi yang tepat. 

Bagi penderita diabetes, perlu berhati-hati agar aktivitas fisik tidak berlebihan yang dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

9. Konsultasi dengan dokter

Sangat penting bagi penderita diabetes yang ingin berpuasa, untuk tetap mengikuti petunjuk dari dokter dalam mengonsumsi obat selama menjalani ibadah puasa. 

Dokter akan merencanakan jadwal konsumsi obat agar sesuai dengan jadwal makan selama bulan puasa.

Tiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai ibadah puasa. 

Namun, jika saat berpuasa Anda mengalami gejala seperti pusing, sakit kepala, lemas, detak jantung yang tidak normal, keringat dingin, gemetar, atau merasa akan pingsan, segera berhenti berpuasa dan segera periksakan diri ke dokter terdekat. Keamanan dan kesehatan Anda adalah yang utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: