Haji Geyot, Ikon Bulan Suci Ramadhan yang Sudah 24 Tahun Selalu Muncul di Kabupaten Ciamis

Haji Geyot, Ikon Bulan Suci Ramadhan yang Sudah 24 Tahun Selalu Muncul di Kabupaten Ciamis

Haji Geyot yang berupa patung manekin hampir dua meter tingginya terpajang di Alun-Alun Ciamis, Jumat 15 Maret 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Haji Geyot, Ikon Bulan Suci Ramadhan yang Sudah 24 Tahun Selalu Muncul di Kabupaten Ciamis

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Haji Geyot telah menjadi ikon di Kabupaten Ciamis yang muncul setiap datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Kehadirannya selalu ditunggu masyarakat. Sebab Haji Geyot dapat menghibur warga yang ngabuburit di sekitar Alun-Alun Ciamis. 

Lalu siapakah Haji Geyot yang muncul setiap Ramadhan di Alun-Alun Kabupaten Ciamis? Kemudian berapa usianya sekarang? berikut hasil reportase Radar Tasikmalaya.

BACA JUGA:PPP Siap Usung Kembali Cecep Nurul Yakin untuk Pilkada Tasikmalaya 2024: Kali Ini Menjadi Calon Bupati

Haji Geyot merupakan patung manekin hampir dua meter tingginya yang selalu menabuh beduk dan didandani seperti manusia yang memakai baju, celana, sorban, peci serba ungu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kabupaten Ciamis, Ihsan Rasyad mengaku sudah mengenal sejak lama Haji Geyot, mulai dari 2005. 

"Haji Geyot ini selalu menjadi ikon Ramadhan di alun-alun Ciamis. Yang saya tahu sudah sejak lama, yaitu 2005 pun sudah ada,"katanya, Jumat 15 Maret 2024. 

Ia pun selalu mengamati setiap Ramadhan bahwa lokasi saung Haji Geyot tidak berubah. Yakni di depan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis. 

BACA JUGA:Dua SD Negeri di Tasikmalaya Dibobol Maling, Banyak Alat Elektronik Raib Dicuri

"Biasanya Haji Geyot hadir di alun-Alun Ciamis di depan persis Gedung DPRD Kabupaten Ciamis. Kini tampilan Haji Geyot tampak lebih meriah, sekelilingnya dipasang umbul-umbul dan banner bertuliskan Marhaban ya Ramadhan," terangnya.

Sedangkan untuk keberlangsungan agar Haji Geyot menjadi ikon Ramadhan di Alun-Alun Ciamis pada tahun berikutnya, wewenangnya adalah Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis.

"Haji Geyot ada setiap Ramadhan di kita dan yang pegangnya DPUPRP Kabupaten Ciamis," bebernya.

Warga Ciamis, Nurhandoko (58) menuturkan, kedatangan Haji Geyot setiap tahun selalu menandakan dimulainya ibadah puasa Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: