Kerawanan Bencana di Kabupaten Tasikmalaya Tak Sebanding dengan Peralatan yang Tersedia, Benarkah?

Kerawanan Bencana di Kabupaten Tasikmalaya Tak Sebanding dengan Peralatan yang Tersedia, Benarkah?

Anggota BPBD Kabupaten Tasikmalaya saat melaksanakan pemasangan tenda pada simulasi bencana, beberapa waktu lalu. istimewa--

Kerawanan Bencana di Kabupaten Tasikmalaya Tak Sebanding dengan Peralatan yang Tersedia, Benarkah?

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya masih kekurangan peralatan dalam pencegahan dan Penanggulangan bencana di wilayahnya.

Selama ini Kabupaten Tasikmaya termasuk tiga besar daerah rawan bencana di Jawa Barat. Berbagai jenis bencana yang sering terjadi mulai dari longsor, banjir, angin kencang dan bencana lainnya.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat menyatakan, bencana hidrometeorologi yang terjadi selama ini membuat petugas di lapangan mengalami kesulitan.

BACA JUGA:Komentar Asyik Sefano Beltrame Setelah Jadi Man of the Match Persib vs PSIS Semarang, Jawab Kritikan Bobotoh

Kesulitan itu terutama dalam proses evakuasi material longsor, banjir dan pohon tumbang. Karena, semua peralatan dalam siaga darurat terbatas.

"Tentu sedikit kesulitan dengan minimnya perlatan yang tersedia di BPBD," paparnya, Kamis 29 Februari 2024.

Diketahui, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah menetapkan siaga darurat bencana hidrometeorolog. Hal itu dilihat dari sering terjadinya bencana selama musim hujan saat ini. 

"Kerawanan bencana kita lengkap namuan peralatan yang dimilikinya masih kurang dan itu masih menjadi kendala dalam penanganan," terangnya.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Bawaslu Tasikmalaya Sebelum Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Besok Sabtu

Dede menambahkan, dengan intensitas hujan tinggi selama ini membuat petugas BPBD di lapangan tetap selalu melakukan kesiapsiagaan, terutamanya kewaspadaan dengan peralatan yang ada. 

Agar optimal dalam penggulangan bencana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, pihaknya telah mengusulkan berbagai peralatan yang belum tersedia. Namun hingga saat ini belum ada yang turun. 

"Berbagai cara mengusulkan bantuan ke Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus dilakukan. Pengajuan yang dilakukan sudah ketiga kalinya dan sampai sekarang ini belum terealisasi," tambah Dede.

Berbagai item yang diajukan oleh BPBD termasuk yang butuhkan untuk penagulangan dan pencegahan bencana yang selalu terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: