Harga Beras di Kota Banjar Masih Tinggi, DKUKMP Lakukan ini untuk Menstabilkan Harga

Harga Beras di Kota Banjar Masih Tinggi, DKUKMP Lakukan ini untuk Menstabilkan Harga

Kadis DKUKMP Kota Banjar Sri Sobaria saat diwawancara di kantornya, Senin 19 Februari 2024 sore. anto sugiarto / radartasik.disway.id--

Harga Beras di Kota Banjar Masih Tinggi, DKUKMP Lakukan ini untuk Menstabilkan Harga

BANJAR, RADARTASIK.COM - Harga kebutuhan pokok khususnya beras di pasar induk Kota Banjar masih tinggi berkisar Rp15.000 per kilogram. 

Harga beras Rp15.000 per kilogram untuk jenis medium sementara beras jenis premium berkisar Rp16.000-Rp17.000 per kilogram.

"Harga beras masih Rp15.000 per kilogram untuk jenis medium berdasarkan hasil pantauan di pasar Banjar tadi," ujar Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Sri Sobaria, Senin 19 Februari 2024. 

BACA JUGA:Bolehkah Colokan Listrik di Kereta Api Digunakan Menanak Nasi? Simak Jawaban KAI!

Harga tersebut masih sama seperti Jumat 16 Februari 2024 kemarin dan diperkirakan akan terus bertahan diangka seperti itu karena pengaruh berbagai hal. 

Seperti pengaruh musim panen yang bergeser dampak el nino (musim kemarau ke musim penghujan) hingga libur panjang beberapa hari lalu. 

"Ternyata libur panjang (8,9,10, 11 Februari) kemarin berdampak karena tidak ada pengiriman beras sehingga membuat harga beras naik," terangnya.

Selain itu, dampak lainnya yakni pengaruh Pemilu 2024 juga berimbas naiknya harga beras di pasaran karena ada yang memesan beras dalam jumlah cukup banyak. 

BACA JUGA:Puasa Ramadhan di Alaska Tantangannya Bukan Main-Main, Saat Musim Panas Siang Hari Bisa Sampai 22 Jam

Maka dari itu, pihaknya menyarankan masyarakat agar memanfaatkan beras SPHP dari Bulog yang sudah tersedia di 12 kios. 

"Harga beras SPHP Rp10.900 per kilogram namun harus beli 5 kilogram karena sudah dikemas dengan ukuran 5 kilogram," tambahnya. 

Diakuinya beras SPHP kualitasnya hampir sama dengan beras jenis medium di pasaran sehingga masyarakat bisa menghemat pengeluaran jika membeli beras SPHP.

Mudah-mudahan dengan membeli beras SPHP bisa menstabilkan harga beras saat ini di pasaran, hingga kembali ke harga normal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: