Kelelahan Usai Pemilu 2024, Anggota Pengawas di Tasikmalaya Meninggal Dunia, Puluhan Lainnya Sakit

Kelelahan Usai Pemilu 2024, Anggota Pengawas di Tasikmalaya Meninggal Dunia, Puluhan Lainnya Sakit

Jasad almarhum anggota pengawas Desa Pageuralam Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya saat tiba di rumah duka, Sabtu 17 Februari 2024. istimewa--

Kelelahan Usai Pemilu 2024, Anggota Pengawas di Tasikmalaya Meninggal Dunia, Puluhan Lainnya Sakit 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Pemilu 2024 yang dihelat Rabu lalu 14 Februari memang menguras tenaga dan pikirian para peserta, penyelenggara maupun pengawas. 

Tak sedikit usai pelaksanaan pencoblosan Pemilu mereka yang terlibat langsung jatuh sakit bahkan hingga meninggal dunia.

Hal itu seperti yang dialami Yusuf Mubarok, Anggota Pengawas Desa Desa Pageralam, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya. Kemarin Sabtu 17 Februari 2024, Yusuf meninggal dunia karena kelelahan.

BACA JUGA:Sihir Xabi Alonso Bangkitkan Leverkusen yang Awalnya Rangking 17 di Klasemen Bundesliga Kini Menjadi Pemuncak

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya juga menerima laporan lebih dari 10 Pengawas Desa yang mengalami sakit akibat kelelahan menjalankan tugas sebagai pengawas pada Rabu 14 Februari 2024 lalu.  

"Betul kemarin ada seorang petugas pengawas yang meninggal dunia, yakni Pengawas di Desa Pageralam," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Djuanda saat dihubungi Minggu 18 Februari 2024.

Hingga saat ini ada dua petugas pengawas yang meninggal dunia. Namun seorang lagi meninggal dunia sebelum tanggal 14 Februari 2024. "Sekarang ada 10 orang lebih Pengawas yang memang sakit, karena kelelahan," terang Dodi.

Dodi menjabarkan, semua anggota Pengawas yang meninggal dunia tersebut akan mendapatkan santunan kematian. Sedangkan yang sakit akan mendapatkan biaya pengobatan. 

BACA JUGA:Mudah Cara Jual-Beli Emas via BRImo, Syaratnya?

"Tentu santunan kematian itu akan kita berikan, bahkan sebelumnya sudah kita berikan, kepada keluarganya untuk santunan itu," bebernya.

Ketua Panwas Kecamatan Taraju Asep Kuswandi menuturkan, anggota pengawas Desa Pageralam bernama Yusuf Mubarok meninggal dunia usai bertugas menjadi panwas di Desa Pageralam. 

Bahkan dari mulai hari pelaksanaan pencoblosan hingga pada Jumat 16 Februari 2024, dia masih aktif melaksanakan tugasnya. 

"Pada hari Jumat setelah mengecek logistik di ruang penyimpanan logistik, kami masih bertemu dia di kantor Panwas sampai malam sekitar pukul 23.00 pulang," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pemilu 2024