14 Februari 2024 Jadikan Hari Kasih Suara, KPU Kota Tasikmalaya Targetkan 90 Persen Partisipasi

14 Februari 2024 Jadikan Hari Kasih Suara, KPU Kota Tasikmalaya Targetkan 90 Persen Partisipasi

Talkshow deklarasi Pemilu Damai di Studio Radar TV, kemarin Senin 5 Februari 2024. rezza rizaldi / radartasik.com--

14 Februari 2024 Jadikan Hari Kasih Suara, KPU Kota Tasikmalaya Targetkan 90 Persen Partisipasi 

TASIK, RADARTASIK.COM - Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Hari H pemungutan suara akan dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024 depan. Di mana masyarakat diminta untuk datang ke TPS untuk menjadi bagian penentu nasib bangsa 5 tahun ke depan.

Meskipun bukan budaya warga Kota Tasiimalaya, 14 Februari biasanya identik dengan hari kasih sayang. Namun tahun 2024 ini, tanggal itu akan menjadi hari kasih suara dari warga untuk peserta Pemilu baik Parpol, Caleg dan Capres.

Masyarakat diminta untuk memanfaatkan hak pilihnya di momen tersebut. Yakni dengan mengikuti pemungutan suara di masing-masing TPS yang sudah ditentukan oleh KPU.

BACA JUGA:Cuma 1 Jutaan Nokia C210 dengan Kamera 13 MP dan Chipset Snapdragon 662

Dalam hal ini Pemerintah Kota Tasikmalaya pun dituntut ikut andil dalam kesuksesan Pemilu. Dari mulai fasilitasi sarana, dukungan data sampai dengan edukasi kepada masyarakat.

Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator dari kualitas Pemilu. Karena semakin tinggi partisipasi, maka hasilnya akan lebih merepresentasikan suara dari warga. 

“Semakin tinggi partisipasinya, legitimasinya semakin kuat,” ungkap Ivan dalam Talkshow Pemilu Damai di Studio Radar TV, kemarin Senin 5 Februari 2024.

Pihaknya pun memberikan dukungan dalam berbagai hal untuk kelancaran pemilu sejak awal tahapan. Dari mulai fasilitasi penyediaan data di Disdukcapil, sarana sampai dengan menyiapkan strategi penanganan ketika ada bencana alam. 

BACA JUGA:Calon Mahasiswa Baru Simak! Ini Daftar Prodi Favorit di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Pada SNBP 2024

“Karena ini hajat nasional yang diamanatkan oleh undang-undang dan kita harus menyukseskannya,” terangnya.

Dalam perannya menyukseskan Pemilu, pemerintah dalam hal ini bersikap netral dan ditandai dengan penandatanganan pakta integritas. 

Pihaknya pun mengingatkan para ASN di lingkungan pemkot agar menjaga sikap dan berhati-hati agar tidak terjebak dalam kegiatan politik praktis. “Misalnya untuk ASN yang punya keluarga caleg, harus hati-hati,” bebernya.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Asep Rismawan menuturkan, bahwa Pemilu ini bukan merupakan hajat semua pihak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: