Tasikmalaya Punya Durian Lokal yang Khas dari Salopa, Cikatomas dan Jatiwaras

Tasikmalaya Punya Durian Lokal yang Khas dari Salopa, Cikatomas dan Jatiwaras

Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya, Ida Hindasah. ujang nandar / radartasik.com--

Tasikmalaya Punya Durian Lokal yang Khas dari Salopa, Cikatomas dan Jatiwaras

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Durian adalah buah tropis yang terkenal dengan aroma kuat dan dagingnya yang kaya. Buah ini memiliki bau yang unik sehingga banyak yang menyukainya.

Nah di Kabupaten Tasikmalaya terdapat durian lokal yang khas. Kekhasannya ini adalah karena tumbuh di tiga wilayah. Yaitu kecamatan Salopa, Cikatomas dan Jatiwaras.  

Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya, Ida Hindasah membenarkan hal tersebut.

BACA JUGA:Perkuat Sinergitas Jelang Pemilu 2024, TNI dan Polri di Tasikmalaya Olahraga Bersama

Buah durian khas ini sebenarnya tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Namun sentra durian lokal ini berasal dari Cikatomas, Salopa dan Jatiwaras. 

"Memang di tiga kecamatan itu menjadi sentra durian lokal. Ketika musim buah durian sangat banyak ditemukan di wilayah itu," katanya kepada radatasik.com, Jumat 2 Februari 2023.

Dari eksisting selama tahun 2023 ini, terang dia, pohon durian di Kabupaten Tasikmalaya tersebar di lahan 5.948 hektare, dengan jumlah pohon 594.000 pohon durian berbagai jenis. Walapun masih didominasi durian lokal Tasikmalaya. 

"Itu tersebar di 39 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya sebenarnya," terangnya.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Banjar Blusukan ke Pasar Induk Ajak Pedagang untuk Tolak Politik Uang

Dari jumlah tersebut, memang berbagai kategori durian mulai dari produktif, baru tanam dan memang sudah tidak produktif ada.

"Termasuk pohon durian lokal yang memang usianya hingga puluhan tahun juga ada di kita," bebernya.

Ida menambahkan, durian yang baru ditanam saat ini yakni dari bibit durian jenis baru. Seperti musangking, kuningmas, bawor, durin hitam dan lainnya.

"Untuk bibit durian yang bukan lokal itu memang belum banyak. Kecuali ada di daerah Tanjungjaya ditanam di lahan seluas 25 hektare. Mudah-mudahan daerah kita bisa menjadi wisata durian," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: