Calon Mahasiswa Baru Simak! Ini 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada SNPMB 2024

Calon Mahasiswa Baru Simak! Ini 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada SNPMB 2024

Calon mahasiswa baru simak! Ini 3 jalur masuk perguruan tinggi negeri pada SNPMB 2024.-snpmb-

Calon Mahasiswa Baru Simak! Ini 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada SNPMB 2024

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 telah dibuka. Pada SNPMB 2024 terdapat tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru.

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin mengetahui informasi mengenai tiga jalur masuk PTN pada SNPMB 2024, mari simak pembahasannya berikut ini.

Ada tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri pada SNPMB 2024 yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, serta Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN.

Pertama, jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. SNBP 2024 merupakan jalur masuk PTN yang diukur berdasarkan nilai akademik dengan menggunakan rapor atau menggunakan prestasi akademik dan non akademik siswa.

BACA JUGA:Begini Tips Kabupaten Ciamis yang Sukses Tangani dan Kelola Sampah

Calon mahasiswa baru yang mendaftar pada jalur SNBP 2024 tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena biaya telah ditanggung oleh pemerintah.

Namun, tidak semua siswa SMA kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2024 dapat mengikuti pendaftaran SNBP 2024. Sebab, jalur ini hanya dapat diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi unggul atau siswa eligible.

Siswa eligible yaitu siswa yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk mengikuti pendaftaran SNBP 2024.

Jumlah dan nama-nama siswa eligible yang dapat mengikuti pendaftaran SNBP 2024 ditetapkan oleh masing-masing sekolah asal.

BACA JUGA:Debut untuk Inter Milan pada Usia 16 Tahun, Giuseppe Bergomi Dipanggil Beppe karena Sudah Kumisan

Dengan demikian, calon mahasiswa yang bukan siswa eligible tidak dapat mengikuti pendaftaran SNBP 2024. Meskipun demikian, calon mahasiswa tersebut memiliki kesempatan untuk mendaftar jalur SNBT 2024 dan Jalur Mandiri.

Adapun, kuota minimum pada jalur SNBP 2024 yaitu sebesar 20 persen.

Kedua, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. SNBT 2024 merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan setelah pengumuman hasil SNBP 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: snpmb bppp