Dibuka Pendaftaran SNPDB 2024 untuk 37 Madrasah Unggulan, Ini Daftar dan Syaratnya

Dibuka Pendaftaran SNPDB 2024 untuk 37 Madrasah Unggulan, Ini Daftar dan Syaratnya

Sudah resmi dibuka pendaftaran SNPDB 2024 untuk 37 madrasah unggulan se-Indonesia.-Kemenag-

Dibuka Pendaftaran SNPDB 2024 untuk 37 Madrasah Unggulan, Ini Daftar dan Syaratnya

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kementerian Agama resmi membuka pendaftaran SNPDB 2024 untuk 37 madrasah unggulan di Indonesia mulai 8 Januari hingga 17 Februari 2024.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag M Sidik Sisdianto mengatakan pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) madrasah unggulan nasional tahun 2024.

SNPDB madrasah unggulan tahun 2024 juga membuka akses bagi lulusan pondok pesantren dan pendidikan diniyah formal. Jadi, lulusan pondok pesantren muadalah dan pendidikan diniyah formal mulai tahun ini bisa mendaftar sebagai calon peserta didik, baik di MAN IC, MAN PK dan MAKN di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: INI DIA! Nokia C200 Pro 5G 2024 Spesifikasi Tinggi dengan Harga Murah

BACA JUGA: Awali Tahun dengan Gemilang, Saham BBRI Kembali Sentuh All Time High!

Syarat SNPDB madrasah unggulan tahun 2024, mereka merupakan santri yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sebagai santri pendidikan muadalah atau santri pendidikan diniyah formal yang memiliki SK Kemenag RI dan terdaftar di EMIS.

Jadi tidak sembarang lulusan pesantren atau lulusan pendidikan diniyah. Hal ini sebagaimana amanat PMA Nomor 31 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren, pasal 44 dan 45. ”Mereka juga harus lolos tes potensi akademik dan prestasi akademik yang disediakan panitia pusat,” tuturnya.

SNPDB madrasah unggulan tahun 2024 juga menyediakan jalur prestasi keagamaan. Untuk prestasi kejuaraan nasional dan regional di bidang sain, humaniora dan keagamaan, selama ini sudah dibuka. 

Tahun 2024 Kemenag menambahkan jalur prestasi bakat-minat luar biasa yang dimiliki calon peserta didik baru di sejumlah bidang lainnya, yaitu kemampuan membaca kitab turats (kitab kuning) dan memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 15 juz. Kemampuan ini dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat dan divalidasi dengan tes.

BACA JUGA: Berapa Harga OPPO Reno 7 Hingga Reno 10 Jelang Rilis Reno 11 Series Januari 2024

BACA JUGA: Parkir Kendaraaan di Lokasi Objek Wisata Kabupaten Pangandaran Masih Semrawut saat Sedang Ramai

Jalur prestasi tambahan diperuntukkan untuk diterima di MAN PK karena kemampuannya linier dengan pengembangan di MAN PK ke depan. Informasi lengkapnya bisa dilihat dan diunduh di: https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/web/unduhan.

Pendaftaran SNPDB 2024 dilakukan secara online melalui website https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: