Gudang Logistik Pemilu di Ciamis Harus Aman dari Kebakaran, Damkar Sarankan ini

Gudang Logistik Pemilu di Ciamis Harus Aman dari Kebakaran, Damkar Sarankan ini

Petugas sortir dan pelipatan sedang melakukan aktivitas melipat surat suara di Gedung Serbaguna Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Selasa 9Januari 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Gudang Logistik Pemilu di Ciamis Harus Aman dari Kebakaran, Damkar Sarankan ini

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Sebanyak 4.824.295 lembar surat suara untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jawa Barat, dan DPRD Kabupaten Ciamis sudah dilakukan sortir dan pelipatan surat suara.

Sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 ini dilakukan di Gedung Serbaguna Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis. Proses ini dilakukan oleh 550 petugas sortir dan pelipatan surat suara dari 9 Januari 2024 sampai 18 Januari 2024.

Dengan terpusatnya sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 tersebut, pihak UPTD Damkar Kabupaten Ciamis pun mengingatkan kepada KPU agar benar-benar terjaga keamanan gedungnya, khusus terhindar dari bahaya kebakaran. 

BACA JUGA:Kenapa Harus Beli Galaxy A25 5G, Simak di Sini 5 Kelebihan Smartphone 3 Jutaan

Sebab, terjadinya kebakaran ini kebanyakan muncul dari hal tidak sengaja. Bisa dari konsleting listrik, cahaya matahari, atau lainnya. 

Hal itu seperti diungkapkan Kasubag TU UPTD Damkar Kabupaten Ciamis, Ali Sadikin kepada Radar Tasikmalaya, Selasa 9 Januari 2024. 

"Oleh karenanya untuk menjaga keamanan surat suara ataupun logistik pemilu 2024 maka harus disiapkan petugas yang paham cara penanganan pemadaman api, selain petugas yang berjaga untuk keamanan surat suara," katanya.

Terang dia, gedung sortir dan pelipatan surat suara mesti disiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Tentunya untuk berjaga-jaga atau antisipasi ketika ada titik api di sekitar gedung sortir dan pelipatan surat suara. 

BACA JUGA:Wow Pantai Cimanuk Kabupaten Tasikmalaya Jadi Tempat yang Cocok untuk Menikmati Sunset dan Sunrise, Healing Yu

"Perlu sedia APAR dan petugas yang paham menggunakan APAR, karena bencana bisa datang kapan saja," terangnya.

Disinggung apakah UPTD Damkar Kabupaten Ciamis selama Pemilu 2024 turut dilibatkan dalam pengamanan surat suara oleh KPU Kabupaten Ciamis?

"Kita belum menerima tembusan dari KPU Kabupaten Ciamis untuk ikut berjaga di gudang logistik lainnya. Kalau pun ada tugas, kita siap-siap saja asalkan ada permohonan dari KPU Kabupaten Ciamis," ujarnya.

Sekretaris KPU Kabupaten Ciamis, Agus Kunianto menuturkan, dalam antisipasi kebakaran di gedung sortir dan pelipatan surat suara, pihaknya berjaga-jaga dengan menempatkan APAR di lokasi tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: