9 Januari 1900, 8 Pemuda Italia Didirikan Lazio, Pilih Simbol Elang Sebagi Simbol Kekuatan

9 Januari 1900, 8 Pemuda Italia Didirikan Lazio, Pilih Simbol Elang Sebagi Simbol Kekuatan

Logo SS Lazio-Tangkapan Layar X-

RADARTASIK.COM -  Pada 9 Januari 1900 silam, 8 pemuda Italia didirikan Lazio, dan pilih simbol elang sebagai simbol kekuatan kota.

Lazio didirikan pada tanggal 9 Januari 1900 oleh sekelompok pemuda dipimpin oleh Luigi Bigiarelli bersama Odoacre Aloisi, Arturo Balestrieri, Giacomo Bigiarelli, Alceste Grifoni, Giulio Lefevre, Galileo Massa, Alberto Mesones, dan Enrico Venier.

Meskipun tanggal tersebut masih diperdebatkan karena masih banyak yang menganggap ide mendirikan Lazio muncul dua tahun sebelumnya, namun momen ketika mereka berkumpul di Piazza della Libertà di Roma musim dingin lebih dianggap sebagai hari jadi klub raksasa di Italia tersebut. 

Pada hari itu juga, mereka memutuskan untuk tidak menggunakan nama "Roma" dan memilih "Lazio" karena nama tersebut lebih singkat dan dapat menjangkau orang lebih banyak, tidak terbatas hanya kepada penduduk kota Roma dan meilih warna putih dan biru.

BACA JUGA:Jadi Bintang Sampul Majalah Italia, Davide Frattesi Ungkapkan Alasan Gabung Inter Milan

Lambang klub menampilkan gambar Elang, melambangkan kekuatan kota, dengan semboyan "Concordia parvae res crescunt" yang berarti "dalam harmoni bahkan hal-hal kecil pun tumbuh." 

Luigi Bigiarelli, seorang bintara Bersaglieri dan pemimpin delapan anak laki-laki, memainkan peran kunci dalam pendirian klub tersebut. 

Awalnya tempat pertemuan berada di Pippa Nera, sebuah tempat dimana masyarakat biasa berkumpul untuk berolahraga.

Namun, karena jumlah orang yang ingin mendaftar meningkat drastis, sehingga mereka mencari tempat lain dan menemukannya di Piazza d'Armi, sebuah taman terbengkalai di pinggiran jauh, dekat Jembatan Regina Margherita. 

BACA JUGA:Mengapa Charles De Ketelaere Tampil Apik Bersama Atalanta Namun Sangat Buruk Saat Bermain untuk AC Milan?

Pada 10 Januari 1900, media Italia, Il Messaggero resmi melaporkan: "klub olahraga Lazio didirikan di Roma".

Dikutip dari Wikipedia, Pada tanggal 9 Januari 1910, Lazio bergabung dengan liga pada tahun 1912 segera setelah Federasi Sepak Bola Italia mulai mengorganisir kejuaraan di bagian selatan dan tengah Italia. 

Mereka mencapai play-off final kejuaraan nasional sebanyak tiga kali, namun sayangnya tak pernah berhasil meraih kemenangan.

Pada tahun 1927, Lazio menjadi satu-satunya klub asal Kota Roma yang bertahan dari upaya rezim Fasis untuk menggabungkan semua klub sepak bola di kota tersebut menjadi apa yang kemudian dikenal sebagai A.S. Roma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber