Wisata Edukasi, Inilah 5 Museum di Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi Pada Libur Akhir Tahun

Wisata Edukasi, Inilah 5 Museum di Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi Pada Libur Akhir Tahun

Wisata edukasi, inilah 5 museum di Jawa Barat yang cocok dikunjungi pada libur akhir tahun.-Pinterest-

Wisata Edukasi, Inilah 5 Museum di Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi Pada Libur Akhir Tahun

BANDUNG, RADARTASIK.COM - Menikmati libur akhir tahun tak selamanya pergi ke tempat destinasi wisata. Tapi, Anda juga bisa menikmati libur akhir tahun dengan berkunjung ke museum yang ada di Jawa Barat.

Jawa Barat memiliki banyak museum bersejarah yang dapat memberikan nilai-nilai edukasi bagi para pengunjung. Jawa Barat bahkan pernah menjadi tuan rumah pada peringatan Hari Museum Indonesia (Harmusindo) 2022.

Museum-museum di Jawa Barat memamerkan berbagai koleksi yang memiliki nilai sejarah, seni dan budaya, dan juga ilmu pengetahuan. Dengan berkunjung ke museum yang ada di Jawa Barat, pengunjung bukan hanya bisa melihat beraneka ragam benda tapi juga bisa memperoleh ilmu pengetahuan.

Museum yang ada di Jawa Barat tersebar di beberapa daerah seperti Bandung, Cirebon, dan Bogor. Daripada penasaran, mari ketahui 5 museum di Jawa Barat yang cocok dikunjungi pada libur akhir tahun:

BACA JUGA:Realme Harga Murah Rilis Januari 2024, Memungkinkan Upgrade Memori Hingga 2 TB, Champion of Camera

1. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi terletak di Jl. Lembong No.38, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Pada mulanya, Museum Mandala Wangsit Siliwangi merupakan salah satu markas militer di Kota Bandung.

Bahkan, Museum Mandala Wangsit Siliwangi pernah dijadikan sasaran utama serangan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang berada di bawah komando Kapten Raymond Westerling.

Kaya akan sejarah, Museum Mandala Wangsit Siliwangi menyimpan banyak koleksi sisa-sisa perjuangan tentara di masa penjajahan. Di museum ini terdapat koleksi beberapa jenis senjata tradisional seperti keris, pedang bambu, klewang, dan kujang.

BACA JUGA:Kenapa Pemain Asing Persib Memilih Liburan di Eropa? Ini Jawabannya

2. Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan museum yang menceritakan peristiwa penting masyarakat Jawa Barat pada saat melawan penjajah. Perjalanan panjang rakyat Jawa Barat dalam melawan penjajah terlihat dari sebuah relief yang terdapat pada sisi kanan dan kiri Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat menjadi salah satu landmark penting yang ada di Kota Bandung. Museum Monju menyediakan beberapa ruangan dan fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung di antaranya auditorium, ruang dokumenter, ruang diorama, ruang pamer benda bersejarah, dan perpustakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disparbud jabar