Berupaya Turunkan Harga, Panen Cabai di Kabupaten Garut Dilakukan Serentak

Berupaya Turunkan Harga, Panen Cabai di Kabupaten Garut Dilakukan Serentak

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman saat memanen cabai di Kebun Edukasi Eptilu, Kecamatan Cikajang, Rabu 20 Desember 2023. agi sugiana / radar tasikmalaya--

Berupaya Turunkan Harga, Panen Cabai di Kabupaten Garut Dilakukan Serentak 

GARUT, RADARTASIK.COM - Kabupaten Garut jadi salah satu lokasi pelaksanaan Panen Cabai Serentak sebagai tindaklanjut dari High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). 

Pelaksanaan panen cabai serentak di Provinsi Jawa Barat ini dipusatkan di Kebun Edukasi Eptilu, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Rabu 20 Desember 2023.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka pengendalian inflasi. Terlebih salah satu penyebab inflasi itu adalah cabai. Harga cabai sendiri, saat ini di pasaran berkisar harganya Rp 60.000.

BACA JUGA:TERBARU! Imbauan Bagi Penumpang Kereta Seiring Naiknya Kasus Covid-19

Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut merupakan salah satu produsen cabai terbesar di Jawa Barat, sehingga ia berharap adanya panen cabai di Kabupaten Garut bisa memenuhi kebutuhan cabai nasional.

"Ya mudah-mudahan dengan acara panen serentak ini menurunkan harga cabai tapi juga tidak merugikan petani ya," harapnya.

Helmi juga berkeinginan tidak hanya cabai saja yang terjangkau tapi juga bahan pokok yang lainnya juga ikut terjangkau.

"Kita ingin petani kita juga tetap untung, yang kesananya ya pengendalian inflasi, jadi masyarakat terjangkau bukan hanya cabai terus juga bahan makanan pokok yang lain bisa murah," terangnya.

BACA JUGA:Pengerjaan Jembatan Sodongkopo Kabupaten Pangandaran Sepenuhnya Dikerjakan Pemprov Jawa Barat

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekbang, Dodo Suhendar menuturkan, berdasarkan laporan dari berbagai daerah di Jawa Barat yang melakukan panen serentak, harga cabai di petani berkisar di angka Rp 40.000-Rp 70.000 tergantung dengan jenis cabai yang dijual.

Ia menambahkan, pihaknya ingin melihat bahwa komoditas penyumbang inflasi khususnya cabai di Jawa Barat bisa terkendali dan harganya turun.

"Pada musim panen ini, perlu diinformasikan ke masyarakat, bahwa jangan khawatir cabai ini sekarang sudah mulai panen," tambahnya.

Dodo menjelaskan, jika dalam panen serentak hari ini yang dilaksanakan di 7 kabupaten di Provinsi Jawa Barat, rata-rata lahan cabai yang dipanen seluas 2-4 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: