Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Polisi di Tasikmalaya Siapkan Hal ini untuk Amankan Arus Lalu Lintas

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Polisi di Tasikmalaya Siapkan Hal ini untuk Amankan Arus Lalu Lintas

Kendaraan roda empag dan dua saat melintasi pos Letter U Gentong Tasikmalaya. Istimewa--

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Polisi di Tasikmalaya Siapkan Hal ini untuk Amankan Arus Lalu Lintas

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Jelang libur panjang hari Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Polisi mulai melakukan berbagai persiapan agar lalu lintas tetap lancar.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Iskandar mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi potensi kepadatan lalu lintas di jalur Gentong saat momen libur Nataru. 

Sejumlah persiapan yang dilakukan pihaknya ini antara lain adalah membangun pos terpadu di Letter U jalur Gentong. 

BACA JUGA:Membanggakan, Anggota Polres Tasikmalaya Raih Medali Emas MMA Amatir Pro

"Sejak beberapa hari terakhir, kami mulai membangun pos terpadu Letter U. Kami persiapkan pos pam dari batas kota Kadipaten, Pamoyanan, dan Panyusuhan, termasuk pos gatur sudah disiapkan," ujarnya kepada wartawan, Minggu 17 Desember 2023.

Dede menerangkan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah cara bertindak yang akan dilakukan dan diterapkan saat terjadi kepadatan lalu lintas ketika libur Nataru di jalur Gentong. Salah satunya adalah pengalihan arus lalu lintas.

Selain itu, Polisi juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk kendaraan besar. Terakhir, Polres Tasikmalaya Kota juga akan terus berkoordinasi dengan Polres lainnya agar dapat mengalihkan kendaraan menuju Bandung melalui Singaparna, ketika di jalur Gentong terjadi kepadatan. 

"Biasanya kepadatan di jalur Gentong itu terjadi saat arus balik. Soalnya kalau arus mudik, tidak bergerombol. Kalau arus balik, kendaraan bergerombol dan kontur jalan menanjak," terangnya.

BACA JUGA:Mulai Tahun 2024, Bayar Pajak Motor Bisa di SPBU, Bukti Pengesahan STNK Dikirim via WhatsApp

Selain melakukan antisipasi timbulnya kemacetan, Polres Tasikmalaya Kota juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengantisipasi kejadian bencana. 

Pasalnya, terdapat potensi bencana tanah longsor di jalur yang menghubungkan wilayah Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan PUPR untuk menyiagakan alat berat dan kendaraan untuk derek di Pos Letter U Gentong," jelas Dede.

Ia mengimbau para pengendara yang akan melintasi jalur Gentong untuk selalu berhati-hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: