10 Penyebab Baterai Motor Listrik Rusak, Berapa Biaya Pergantiannya?

10 Penyebab Baterai Motor Listrik Rusak, Berapa Biaya Pergantiannya?

Berikut ini 10 penyebab baterai motor listrik rusak. Biaya pergantian baterai bisa mencapai belasan juta rupiah.-Polytron-

Semua baterai motor listrik memiliki umur pakai terbatas. Karena itu, setelah jumlah siklus pengisian dan pengosongan tertentu, kapasitas baterai akan mulai drop.

BACA JUGA: Ribuan Massa Pendukung Pemkab Pangandaran Pinjam Rp 350 Miliar ke Bank Datangi DPRD

5. Ketidakseimbangan Sel

Ketidakseimbangan kapasitas antara sel-sel individu dalam baterai bisa terjadi salah satu penyebab beberapa sel mengalami stres lebih tinggi daripada yang lain.

6. Arus Lebih

Arus yang melebihi batas yang ditentukan untuk baterai motor listrik bisa menjadi penyebab pemanasan berlebih dan merusak sel baterai.

BACA JUGA: GG! Samsung Galaxy A93 5G Hp Flagship Samsung Terbaik dengan Harga Murah

7. Kondisi Lingkungan Tidak Sesuai

Faktor-faktor lingkungan seperti kelembapan ekstrem atau paparan air dapat merusak baterai. Baterai yang disimpan pada suhu terlalu panas atau dingin dapat mengalami kerusakan.

8. Penggunaan Perangkat Lunak Tidak Tepat

Beberapa motor listrik memiliki sistem manajemen baterai alias Battery Management System. Penggunaan perangkat lunak tidak sesuai atau kurang tepat bisa menjadi penyebab ketidakseimbangan sel alias overcharging.

9. Kualitas Baterai yang Rendah

Baterai yang kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor listrik akan mengalami kerusakan lebih cepat.

10. Kondisi Fisik yang Tidak Baik

Guncangan atau benturan berlebih pada baterai motor listrik dapat merusak struktur internal dan sel baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: