Rice Cooker Gratis Mulai Dibagikan, Apakah Nama Anda Diusulkan Sebagai Penerima?

Rice Cooker Gratis Mulai Dibagikan, Apakah Nama Anda Diusulkan Sebagai Penerima?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mulai membagikan rice cooker gratis kepada masyarakat.-Kementerian ESDM-

Rice Cooker Gratis Mulai Dibagikan, Apakah Nama Anda Diusulkan Sebagai Penerima?

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah melaksanakan proses penyediaan rice cooker gratis.

Penyediaan alat memasak berbasis listrik (AML) tersebut berdasarkan usulan dan validasi kepala desa atau lurah atau pejabat daerah setempat dan sesuai amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023.

Karena itu, Kementerian ESDM sudah mulai membagikan rice cooker gratis kepada 53.161 rumah tangga yang tersebar di 26 provinsi pada bulan Desember 2023.

BACA JUGA:Ayo Daftar, 5,7 Juta KPPS Akan Direkrut KPU untuk Pemilu 2024, Ini Tahapan dan Persyaratannya

BACA JUGA: Nokia N73 5G 2023 Harga dan Spesifikasi Lengkap, Ponsel Tercanggih di Dunia

”Sebagai progres pada tahap awal, distribusi AML pada bulan Desember ini akan dilakukan kepada 53.161 rumah tangga yang tersebar di 26 provinsi,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu dalam siaran pers Kementerian ESDM, Selasa 12 Desember 2023.

Untuk mencapai target program penyediaan rice cooker gratis bagi 500.000 rumah tangga pada tahun 2023 yang direncanakan tersebar di 36 provinsi, pemerintah masih mematangkan data calon penerima yang ditargetkan selesai pada pertengahan Desember 2023.

Selanjutnya, alat memasak berbasis listrik akan didistribusikan dengan target penyelesaian pada pekan ketiga Januari 2024 sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109 Tahun 2023.

”Keterbatasan waktu dalam pelaksanaan program yang baru dimulai pada pertengahan Oktober 2023, pemenuhan kelengkapan persyaratan usulan calon penerima AML serta kondisi geografis dan cuaca dalam pelaksanaan verifikasi lapangan merupakan tantangan tersendiri dalam penyelesaian program di tahun anggaran 2023,” ujar dia.

BACA JUGA: Ini Alasan Penumpang Pesawat Disarankan Pakai Masker Lagi, Karena Kasus Covid-19 Naik Lagi?

BACA JUGA: Kenapa Kiper Baru Persib Kevin Mendoza Sedih saat Debut Bersama Persib Bandung? Ini Ternyata Penyebabnya

Dia menyebutkan penyediaan AML oleh Kementerian ESDM meliputi biaya pembelian paket dan distribusi hingga ke rumah tangga calon penerima sehingga masyarakat tidak mengeluarkan biaya.

Jisman menjelaskan program penyediaan AML merupakan hibah dari pemerintah dan tidak untuk diperjualbelikan yang dilengkapi dengan pembubuhan stiker pada alat memasak tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: